Home Hiburan Film Oppenheimer Raih 13 Nominasi Academy Award

Film Oppenheimer Raih 13 Nominasi Academy Award

New York, Gatra.com - Pengumuman nominasi Academy Award pada Selasa (23/1) waktu setempat, dilewatkan sutradara Christopher Nolan. Dia memilih tidur saat filmnya, "Oppenheimer," meraih 13 nominasi Academy Awards. Emma Thomas, istri Nolan dan rekan produsernya, membangunkannya setelah pesan-pesan ucapan selamat masuk membanjiri telepon genggamnya.

"Jangan anggap ini sebagai sesuatu yang buruk," kata Nolan kepada The Associated Press, Rabu (24/1) sambil tertawa. "Kami hanya tidak ingin membawa sial. Menonton nominasi-nominasi itu lebih dari yang bisa kami tahan, jadi kami hanya mengalami malam yang gelisah dan tidur."

Nolan dan Thomas tidak memiliki banyak alasan untuk cemas. "Oppenheimer," kisah tentang J. Walter Oppenheimer dan penciptaan bom atom, sudah jadi pembicaraan sejak debutnya Juli lalu. Pada hari Selasa, film ini mendapatkan nominasi untuk pencapaiannya, termasuk penghargaan akting untuk Cillian Murphy, Robert Downey Jr. dan Emily Blunt.

"Oppenheimer" dinominasikan untuk penyutradaraan dan skenario Nolan; Hoyte van Hoytema untuk sinematografi ;Jennifer Lame untuk penyuntingan ; Ellen Mirojnick untuk desain kostum ; Ruth De Jong dan Claire Kaufman untuk desain produksi; Luisa Abel untuk tata rias wajah dan rambut ; dan Ludwig Göransson untuk tata suara terbaik; serta skor terbaik. Film ini hanya kurang satu nominasi lagi untuk menyamai rekor nominasi Oscar terbaik yang pernah ada.

"Ini sangat mengejutkan," kata Thomas yang berbicara dengan suaminya dalam sebuah wawancara beberapa jam setelah nominasi diumumkan. "Kemudian kami melanjutkan rutinitas untuk membangunkan seorang anak berusia 16 tahun dari tempat tidur, tapi dengan semangat baru."

Meskipun Nolan dianggap sebagai sutradara besar, ia belum pernah memenangkan Academy Award - dan tidak ada filmnya yang memenangkan film terbaik. Dia pernah dinominasikan sebagai sutradara terbaik, yaitu untuk film "Dunkirk."

47