Home Regional Binus University @Semarang Jadi Kampus Pertama di Jateng yang Usung Teknologi Revolusi Industri 4.0

Binus University @Semarang Jadi Kampus Pertama di Jateng yang Usung Teknologi Revolusi Industri 4.0

Semarang, Gatra.com - BINUS University @Semarang berkomitmen menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dalam menghadapi tantangan era Revolusi Industri 4.0.

Dengan diresmikannya kampus baru, BINUS University @Semarang berharap dapat menciptakan pendidikan berkelas dunia.

Rektor Binus University, Dr Nelly mengatakan, visi universitas untuk memberikan pendidikan yang relevan dengan kebutuhan industri masa kini dan mendatang.

"Binus University menghadirkan pendidikan berkelas dunia yang memberikan keterampilan yang relevan, dengan kebutuhan industri di masa kini dan masa mendatang," katanya dalam acara Media Gathering yang bertajuk "Beyond Boundaries, Jumat (2/2).

Sementara itu, Vice President of Binus Higher Education, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo mengungkapkan, mahasiswa Binus University akan disiapkan untuk memasuki dunia kerja lebih awal, baik sebagai profesional di perusahaan global, entrepreneur, atau di bidang riset dan pengembangan komunitas.

"Binus University @Semarang menonjolkan pendekatan pendidikan yang inovatif dengan menawarkan masa studi singkat selama 2.5 tahun atau 5 semester anak-anak harus siap berkarir," ucapnya.

Dukungan sistem pembelajaran yang inovatif ini diwujudkan melalui konsep Eco Green Technology Industry 4.0 Campus pada kampus baru BINUS University @Semarang.

Selain itu, fasilitas pendukung pembelajaran seperti Lab AR/VR, Lab Metaverse, dan Lab Content Creation menjadi bagian integral dari kurikulum.

Ia menambahkan, BINUS University @Semarang juga unggul dengan Minor Program Metaverse for Business, yang mencerminkan komitmen universitas terhadap pengintegrasian teknologi terkini dalam proses belajar-mengajar.

BINUS University @Semarang juga memperkenalkan program studi yang terkait erat dengan kebutuhan industri 4.0, seperti Computer Science, Information Systems, Industrial Engineering, Visual Communication Design, dan Digital Business.

Mahasiswa memiliki kesempatan untuk merasakan pengalaman belajar multi-campus, memberi mereka wawasan yang lebih luas dan perspektif global.

Melalui berbagai track Enrichment Program, seperti Internship, Entrepreneurship, Research, Community Development, Study Abroad, Further Study, dan Specific Independent Study, BINUS University @Semarang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempercepat penyerapan kualitas SDM yang dibutuhkan dalam era penuh tantangan ini.

Salah satu aspek menarik dari BINUS University adalah penerapan program (2+1)+1, yang memungkinkan mahasiswa untuk merasakan belajar multi-kampus di berbagai lokasi, dengan fokus pada pengembangan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan industri.

Binus University @Semarang juga menyediakan ruangan kelas khusus seperti, Imersive laboratory, Creative Classroom, dan Imac laboratory yang dapat digunakan mahasiswa untuk bisa berkreasi.

98