Home Pemilu 2024 Ganjar Nyoblos di Semarang, Ini Lokasinya

Ganjar Nyoblos di Semarang, Ini Lokasinya

Semarang, Gatra.com – Calon Presiden nomor urut 03, Ganjar Pranowo, akan mencoblos surat suara Pemilu 2024 di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Ganjar rencananya akan mencoblos di TPS 11, Lempongsari, Gajahmungkur, Kota Semarang. Di TPS ini, Ketua DPC PDIP Kota Semarang yang juga mantan wali kota Semarang Hendrar Prihadi juga akan memberikan hak pilihnya.

Ganjar dijadwalkan akan nyoblos pada pukul 08.00 pagi. Rencananya Ganjar akan berangkat dari rumah kakaknya di daerah Manyaran. Dia akan berangkat dari sana pukul 07.00 bersama istri dan anaknya.

Baca Juga: Kabaharkam Sebut Jelang Pemungutan Suara Situasi Keamanan Masih Kondusif

TPS tempat Ganjar mencoblos dirias cukup sederhana dengan nuansa pernikahan adat Jawa. Selain itu, di dekat lokasi tampak banner besar bertuliskan 'Tetap Merah Putih!'.

Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Lempongsari, Setyo mengatakan, Ganjar dan keluarganya pada Pemilu 2019 terdaftar di TPS Kelurahan Gajahmungkur.

Kendati demikian, lanjut Setyo, Ganjar mengajukan pindah pemilih di TPS Lempongsari dengan status DPTb (Daftar Pemilih Tambahan) pada tempat pemungutan suara itu.

“Pak Ganjar yang tadinya ada di Kelurahan Gajahmungkur, kemudian pindah memilih di sini dengan timsesnya, Bu Atikoh, dan Mas Alam,” ujarnya, Selasa (13/2).

Saat pemungutan suara berlangsung besok, Ganjar dan keluarga akan mendapat surat suara lengkap yakni sebanyak 5 surat suara.

“Pak Ganjar, waktu coklit terakhir itu di Kelurahan Gajahmungkur, Kecamatan Gajahmungkur. Karena masih satu wilayah, masih satu dapil akan sama mendapatkan lima surat suara,” terangnya.

Ketua RT 1/RW 2 Kelurahan Lempongsari Anwar Rocip di Semarang, Selasa, mengatakan bahwa pemilih di TPS 11 meliputi warga RT 1/RW 2 dan RT 1/RW 4 dengan jumlah dalam daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 293 orang.

Selain itu, kata dia, terdapat pemilih tambahan yang menggunakan hak pilihnya di TPS tersebut sebanyak 12 orang.

Baca Juga: JAMMI Ingatkan Bahaya Hoaks dan Fitnah Jelang Pemilu 2024

"Pemilih tambahan, antara lain, Pak Ganjar beserta istri dan anak. Untuk yang lain, informasinya merupakan rombongan dari Pak Ganjar," katanya.

Dia menyebut informasi tentang perpindahan tempat memilih Ganjar Pranowo ke TPS 11 disampaikan sebelumnya oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Hendrar Prihadi.
Menurut dia, tidak ada persiapan berlebihan untuk TPS 11 dalam menyambut hari-H pencoblosan.

"Tema nasional dengan latar belakang seperti panggung pesta pernikahan. Ini (Pemilu) kan peristiwa sakral untuk memilih pemimpin," katanya.

Selain itu, lanjut dia, para petugas KPPS juga akan menggunakan baju batik sebagai simbol nasionalisme.

48