Home Apa Siapa Siapa dr Roebiono Kertopati yang Diusulkan jadi Pahlawan Nasional dari Purworejo? Ini Biografinya

Siapa dr Roebiono Kertopati yang Diusulkan jadi Pahlawan Nasional dari Purworejo? Ini Biografinya

Purworejo, Gatra.com - Setelah menggelar Focus Discussion Group (FGD) akhir Bulan Januari 2024 lalu, Pemkab Purworejo, Jawa Tengah, bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), menggelar Seminar Nasional Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional untuk Mayjen TNI dr Roebiono Kertopati.

Seminar ini berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati Purworejo dengan menghadirkan keynote speech Wakil Kepala BSSN, Komjen Putu Jayan Danu Putra serta sambutan daribBupati Purworejo Yuli Hastuti pada Selasa (20/2).

Adapun narasumber yang dihadirkan Kepala RSPAD Letjend TNI Dr dr Albertus Budi Sulistya, Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Pemerintahan dan Pembangunan Manusia BSSN Dr Sulistyo. 

Kemudian ada Kepala Pusat Perhubungan Angkatan Darat Mayjen TNI Iroth Sonny Edhie, Dubes RI untuk Vatikan (2012-2016) Budiarman Bahar, Sekdinas Sandi Bals TNI Kolonel Sus Riyono Wahyudi dan Ketua Departemen Bahasa dan Sastra FIB UGM Dr Sudibyo.

Mayjen TNI dr Roebiono Kertopati adalah pendiri Institusi Persandian Negara, merupakan cucu dari RAA Tjoktonegoro I, Bupati pertama Purworejo. Mayjen dr Roebiono Kertopati berhasil membangun persandian Indonesia yang modern. Selain itu mandiri sekaligus membentuk SDM persandian yang memegang teguh etos sandi, membuat sistem dan peralatan sandi yang efektif dan dapat diandalkan untuk mengamankan komunikasi berita di masa perang dan damai, serta berhasil meningkatkan kapasitas kelembagaan persandian.

"Semangat perjuangan dan nilai-nilai kepahlawanan beliau kepada bangsa dan negara ini, telah menggerakkan kami sebagai generasi penerus untuk mengusulkan Gelar Pahlawan Nasional untuk Mayjen TNI dr Roebiono Kertopati," kata Wakil Kepala BSSN, Komjen Putu Jayan Danu Putra usai seminar, Selasa (20/2).

Mayjen TNI (Purn.) dr. Roebiono Kertopati lahir di Ciamis pada 11 Maret 1914 dari pasangan Raden Bei Soewardjo Kertopati dan Emah Fatimah. Ayah Roebiono adalah Priyayi Jawa keturunan Raden Adipati Tokronegoro I yang merupakan Bupati pertama Purworejo.

Roebiono merupakan salah satu putra terbaik bangsa dan negara Indonesia. Masyakarat Purworejo tentu harus bangga terhadap Roebiono Kertopati. Pemkab Purworejo pun menggandeng Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) guna mewujudkan usulan pahlawan nasional tersebut.

Semasa hidupnya, Putu melanjutkan, Roebino Kertopati memiliki semangat juang, pengabdian, dharmabakti, karya yang luar biasa, dan kepejuangan serta integritas yang tinggi bagi bangsa dan negara Indonesia dalam membebaskan diri dari belenggu penjajahan bangsa asing, serta berkontribusi dalam perjuangan di berbagai bidang antara lain di bidang persandian, kesehatan, telekomunikasi, dan bidang lainnya, termasuk di bidang ketentaraan untuk mempertahankan dan kemerdekaan.

"Hal ini menunjukkan meskipun beliau berlatar belakang seorang dokter namun kepiawaian beliau di bidang teknis juga luar biasa besar dan hal ini menjadikan beliau menjadi pionir dalam bidang persandian," imbuhnya.

Roebiono Kertopati telah melahirkan gagasan dan pemikiran besar yang dapat menunjang pembangunan bangsa dan negara hingga saat ini. Dia melahirkan karya besar yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas atau meningkatkan harkat dan martabat bangsa di bidang persandian dan telekomunikasi.

Nilai-Nilai luhur perjuangannya menjadi warisan yang selalu tersemat dalam setiap sanubari personel sandi hingga saat ini. Warisannya dalam penyusunan dasar pendidikan sandi hingga kini masih berdiri tegak dalam wujud Politeknik Siber dan Sandi Negara, yang melahirkan personil dengan kemampuan keamanan siber dan sandi yang mumpuni.

"Secara kelembagaan warisan tata kelola organisasi dari beliau juga menjadi peletak dasar pembentukan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) yang sekarang bertransformasi menjadi Badan Siber dan Sandi Negara," lanjutnya.

Pengajuan Mayjen TNI dr. Roebiono Kertopati menjadi Pahlawan Nasional telah memenuhi syarat, baik secara yuridis formal maupun prosedural dan sudah berpedoman kepada UU Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan, untuk memperoleh Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda kehormatan serta Tata cara pengusulan Calon Pahlawan Nasional.

Secara psikologis, penetapan usul Mayjen TNI dr. Roebiono Kertopati menjadi Pahlawan Nasional dapat berpengaruh terhadap semangat masyarakat Purworejo pada khususnya, dan masyarakat Indonesia umumnya dalam pengabdian untuk membangun bangsa dan negara ke depan.

"Dari perspektif historis, aspek normatif dan aspek psikologis, maka sosok Mayjen TNI dr. Roebiono Kertopati merupakan tokoh yang layak untuk diusulkan menjadi pahlawan nasional," katanya.

"Badan Siber dan Sandi Negara bersama Pemerintah Daerah Purworejo memohon dukungan segenap pihak utamanya kepada masyarakat untuk bersama-sama mendorong keberhasilan Pengajuan Gelar Pahlawan Nasional bagi Mayjen TNI dr. Roebiono Kertopati sekaligus meneladani beliau sebagai Bapak Persandian Indonesia," pungkasnya.

BIODATA

Nama Lengkap : dr Roebiono Kertopati

Jabatan Terakhir : Ketua Lembaga Sandi Negara (LSN)

Tempat Tanggal Lahir : Ciamis, 11 Maret 1914

Pangkat/Golongan : Mayor Jendral TNI /Pembina Utama (IV/e)

Tempat Wafat : Jakarta, 23 Juli 1984 dimakamkan di TMP Kalibata Jakarta Selatan

Nama Ayah : Raden Bei Soewardjo Kertopati

Nama Ibu : Raden Ayi Emah Fatimah

Nama Isteri : Amalia Achmad Atmadja Roebiono Kertopati

Memiliki 3 orang anak, memiliki 9 saudara kandung

Aktif di Persandian sejak tanggal 4 April 1946 hingga 23 Juli 1984

Sebutan : Bapak Persandian Nasional

Pendidikan : Sekolah Kedokteran di Nederlandsch Indische Artsen School (NIAS) yang kini menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair).

Pertama bertugas sebagai dokter di RS BPM Cepu, Blora, Jawa Tengah.

381