Home Teknologi Saksikan Ledakan Komet Setan Akhir Pekan Ini

Saksikan Ledakan Komet Setan Akhir Pekan Ini

Jakarta, Gatra.com- Komet 12P/Pons-Brooks sedang berlayar melewati Galaksi Andromeda di mangkok langit malam dan melaju menuju Bumi, dan Anda dapat menyaksikannya secara langsung akhir pekan ini.

Komet 12P/Pons Brooks (12P), juga dikenal sebagai komet setan, adalah komet selebar 10,5 mil (17 kilometer) yang mengelilingi matahari pada orbit sangat elips setiap 71 tahun atau lebih. 12P adalah komet kriovolkanik, atau gunung berapi es. Demikian Live Science, 09/03.

Artinya, ia kadang-kadang meletus ketika radiasi matahari mengupas cangkang esnya, atau nukleusnya, sehingga memungkinkannya menembakkan kombinasi es dan gas, yang dikenal sebagai cryomagma, ke luar angkasa. Ketika ini terjadi, cryomagma secara besar-besaran memperluas koma 12P – awan gas dan debu yang mengelilingi inti – membuat komet tampak lebih terang selama beberapa hari ke depan.

Pada Juli 2023, para astronom menyaksikan 12P meledak untuk pertama kalinya dalam hampir 70 tahun, dan sejak itu letusannya cukup sering terjadi. Selama letusan awal komet, koma 12P yang meluas menjadi miring berkat lekukan di intinya, membuatnya tampak seperti sepasang tanduk setan yang tumbuh.

Namun, setelah letusan yang lebih baru, membuat tanduk itu tampaknya telah menghilang selamanya. Foto komet yang lebih baru juga menunjukkan bahwa ia telah mengembangkan cahaya hijau, yang disebabkan tingginya kadar dikarbon (dua atom karbon yang saling menempel) di koma dan ekornya, yang cukup jarang terjadi.

12P diperkirakan akan mencapai titik terdekatnya dengan Bumi pada 2 Juni setelah pertama kali meluncur mengelilingi matahari pada akhir April. Setelah melewati kita, ia kemudian akan melakukan perjalanan kembali ke wilayah terluar lingkungan kosmik kita, di mana ia akan menghabiskan sebagian besar waktunya selama 70 tahun ke depan.

Saat ia terus meluncur menuju bagian dalam tata surya, 12P kini dapat terlihat di bagian langit malam yang sama dengan galaksi Andromeda — sebuah galaksi spiral yang terletak sekitar 2,5 juta tahun cahaya dari Bima Sakti , yang ditakdirkan untuk bertabrakan dengan galaksi kita sendiri dalam waktu sekitar 4,5 miliar tahun.

Anda dapat menyaksikan konjungsi yang sangat langka ini (fenomena astronomi yang terjadi ketika dua objek tampak berdekatan di langit, meskipun jaraknya triliunan mil) terjadi secara real-time berkat dua streaming langsung dari Proyek Teleskop Virtual, yang akan menampilkan tontonan kosmik seperti yang terlihat dari observatorium proyek di Manciano, Italia mulai pukul 14:30 ET pada Minggu (10 Maret) dan Selasa (12 Maret).

Untuk saat ini, konjungsi lebar paling jelas terlihat tepat di atas cakrawala setelah matahari terbenam, menurut Spaceweather.com. Andromeda terlihat dengan mata telanjang di langit cerah, tetapi Anda memerlukan teleskop , kamera, atau teropong pengamatan bintang yang bagus untuk melihat 12P, yang berada sekitar 10 derajat di bawah galaksi. (Lebarnya kira-kira sama dengan kepalan tangan Anda saat diangkat ke langit.)

Astrofotografer Petr Horálek, juga telah menangkap serangkaian gambar menakjubkan dari pasangan asal Slovakia. Galaksi Triangulum (M33) dan bintang Mirach yang sering dijadikan "pemandu" untuk menemukan Andromeda juga terlihat jelas dalam foto-foto ini.

Ini bukan pertama kalinya 12P melakukan photobomb pada struktur kosmik. Pada Januari, komet tersebut lewat di depan Nebula Bulan Sabit – awan besar gas merah terionisasi yang terletak 5.000 tahun cahaya dari Bumi.

Para astrofotografer juga berharap untuk memotret komet tersebut saat gerhana matahari total yang akan datang pada tanggal 8 April, ketika 12P akan berorientasi sangat dekat dengan matahari yang terhalang sementara. Jika meletus pada hari-hari menjelang gerhana, komet tersebut juga dapat terlihat dengan mata telanjang selama gerhana total.

104

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR