Home Ekonomi INKOWAPI dan SAHARA Luncurkan Gerakan Entrepreneur Lewat SPP

INKOWAPI dan SAHARA Luncurkan Gerakan Entrepreneur Lewat SPP

Jakarta, Gatra.com - Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (INKOWAPI) dan Sahabat Usaha Rakyat (SAHARA) berkolaborasi menciptakan peluang kemandirian usaha melalui SAHARA Preneur Program atau SPP. Upaya ini merupakan bagian dari pemberdayaan yang dilakukan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) untuk membangkitkan kembali penciptaan wirausaha baru di sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Wakil Ketua Umum Bidang Asosiasi dan Himpunan KADIN Indonesia, Wisnu W Pettalolo menegaskan bahwa ekosistem usaha sektor UMKM sangat potensial membuka peluang besar dalam menciptakan kewirausahaan secara mandiri.

"SAHARA Preneur merupakan program yang konkret dalam menggerakkan sektor UMKM untuk menjawab tantangan wirausaha," kata Wisnu dalam acara launching SAHARA Preneur di Jakarta, Kamis (28/3).

Fokus SAHARA Preneur tak lain adalah pemberdayaan masyarakat, baik di tingkat wilayah pemukiman hingga ke level provinsi. Prioritas utama program entrepreneur ini adalah pelatihan dan pendampingan, memperluas inkubasi bisnis, dukungan teknologi dan inovasi berkelanjutan, serta dan mempermudah akses permodalan.

CEO SAHARA Preneur, Farah Savira menerangkan bahwa program ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam menciptakan para wirausahawan yang berdaya saing global.

"Kolaborasi ini bertujuan memperkuat, memperluas dan membantu kesempatan para pelaku UMKM dalam mewujudkan impian mencapai kesuksesan berbisnis," terang wanita yang juga memiliki jabatan Anggota Bidang Kerja Sama Luar Negeri Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN) ini.

Ketua Umum INKOWAPI, Sharmila Yahya mengaku optimis dengan semangat bersinergi, langkah dalam mewujudkan satu juta wirausaha, baik dari kaum perempuan maupun generasi muda, akan sangat mudah dicapai.

"Awalnya 1.000 warung hingga kini sudah mencapai 275.926 warung rakyat tercipta berkat usaha bersama dan sukses bersama melalui pemberdayaan perekonomian," jelas Sharmila.

Untuk itu, guna memperluas jangkauan jiwa entrepreneurship, transformasi digitalisasi melalui inovasi teknologi sangat diperlukan di dunia kewirausahaan ini. KADIN beserta INKOWAPI dan SAHARA terus mengoptimalkan potensi bisnis agar menjadi sumber daya manusia yang sukses menuju peluang Indonesia Emas 2045.

35