Home Liputan Haji Jemaah Mulai Didorong ke Makkah, Lansia Dijamin Nyaman

Jemaah Mulai Didorong ke Makkah, Lansia Dijamin Nyaman

Madinah, Gatra.com- Lagu nasyid tradisional Arab, Thala' al-Badru 'Alaina dan taburan bunga menyambut kedatangan jemaah yang menginap di Odst Al Madina, 18/5 pukul 22.20 WAS atau 19/5 pukul 02.20 WIB. Selain itu mereka dibagikan kurma, minuman, sajadah dan Alquran.

Kepala Daerah kerja Madinah Ali Machzumi menyambut langsung para jemaah embarkasi Juanda Surabaya ini. "Dengan sambutan yang luar biasa ini kami harapkan jemaah yang berada di Madinah ini bisa maksimal seperti di Raudhah. Jemaah diharapkan senang setelah perjalanan jauh, diharapkan lelahnya bisa hilang, bahagia, senang selama di Madinah," kata Ali Machzumi.

"Fasilitas hotel cukup bagus. Diharapkan jemaah haji kita cukup nyaman dengan lobby yang luas dan kapasitas hampir 3000 jemaah haji diharapkan bisa memberikan pelayanan terbaik pada jemaah haji kita," harapnya.

Jemaah baru datang, jemaah kloter awal siap didorong ke Makkah. Pendorongan jemaah haji di Madinah ke Makkah ini untuk menjalankan ibadah haji. Kadaker Ali Machzumi menjelaskan akan dimulai 20 Mei atau sembilan hari setelah kedatangan jemaah pertama di Madinah. "Pada 20 Mei mulai kita berangkatkan jemaah haji kita menuju Makkah. Sekitar 8 kloter yang akan diberangkatkan," katanya.

Jemaah berangkat secara bergelombang menuju Makkah. "Jemaah kita berangkatkan pertama jam enam pagi, kemudian ba'da dhuhur, dan ba'da Ashar. Kita berharap dengan delapan kloter pertama ini bisa berjalan lancar semuanya. Demikian seterusnya hingga 31 Mei," ungkapnya.

"Kita sudah mempersiapkan rencana pendorongan. Sudah kita kumpulkan semua kepala sektor. Sudah kita mitigasi apa saja yang harus dipersiapkan, mulai dari visa hingga konsumsi di perjalanan. Insya' allah kita sudah siap," katanya.

"Untuk Lansia akan kita tempatkan di kursi-kursi depan, di lorong sehingga memudahkan saat evakuasi turun dari bus. Ketika di Bir Ali kita usahakan para lansia tetap berada di dalam bus, sehingga nyaman dalam perjalanan tidak perlu naik turun bus," katanya.

"Untuk kebutuhan lansia, kami sudah siapkan. Dari kesehatan sudah menyiapkan misalnya pampers. Itu salah satu bentuk pelayanan kita pada lansia, sehingga lansia nyaman saat melaksanakan ibadah haji," pungkasnya.

57