Home Liputan Haji Jemaah Haji Kloter Perdana Berangkat ke Makkah dengan Miqat Bir Ali

Jemaah Haji Kloter Perdana Berangkat ke Makkah dengan Miqat Bir Ali

Madinah, Gatra.com- Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah, Ali Machzumi melepas 10 bus rombongan jemaah haji Indonesia dari Madinah menuju Makkah. Bus jemaah berangkat dari hotel di Madinah pada Senin (20/5/2024), jam 05:30 Waktu Arab Saudi (WAS).

Untuk pemberangkatan perdana, ada 392 jemaah yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Jakarta - Pondok Gede (JKG-01). Mereka berangkat dari Hotel Abraj Taba dan akan mengambil Miqat makani di masjid Dzilhulaifah di Bir Ali, 11 kilometer dari masjid Nabawi, untuk selanjutnya melaksanakan ibadah Umrah di Makkah Al Mukarramah.

Miqat makani memiliki arti batas tempat untuk memulai ihram haji atau umrah. Miqat makani menjadi tempat dimulainya niat haji dan umroh dan melaksanakan ihram.

Masjid Bir Ali dibangun di dekat pohon yang digunakan Nabi Muhammad SAW memulai perjalanan ke Makkah untuk umrah. Ada sumur yang digali Ali bin Thalib di daerah ini. Karena itulah masjid ini dinamakan Masjid Bir Ali. Karena adanya pembangunan dan perluasan, sumur tersebut sudah tidak terlihat lagi.

Tersedia fasilitas mandi untuk memasuki keadaan Ihram untuk umrah dan haji. Kain umrah juga tersedia untuk dijual di toko sekitar masjid ini. Masjid seluas 3000 meter persegi lebih ini memiliki banyak tempat parkir untuk bus dan mobil.

"Alhamdulillah pagi ini jemaah haji yang diberangkatkan ke Makkah ada 392 jemaah yang tergabung dalam kloter JKG-01, jemaah haji dari Jakarta Barat. Mereka berangkat dari hotel sudah mengenakan kain ihram," ujar Ali, panggilan akrabnya.

Koter JKG-01 merupakan jemaah haji yang pertama kali tiba di Madinah pada 12 Mei 2024. Saat itu, ada 393 orang. Namun, dalam keberangkatan ke Makkah ini, ada satu jemaah yang sakit dan dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah. Jemaah tersebut akan diberangkatkan kemudian.

Selain JKG-01, hari ini tujuh kloter lain yang akan diberangkatkan ke Makkah, yaitu: JKG-02, JKS-01, JKS-02, BTH-01, dan PLM-01 yang diberangkatkan pada jam 14.00 WAS. Sementara SUB-01 dan UPG-01 akan diberangkatkan pada pada jam 17.00 WAS. "Total jemaah yang diberangkatkan ke Makkah hari ini mencapai 3.425 orang, menggunakan 85 bus," sebut Ali Machzumi.

Hingga saat ini, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daker Madinah masih terus menerima kedatangan jemaah haji gelombang pertama yang sudah mencapai 58ribu jemaah. Diperkirakan, akan ada 90 ribu jemaah haji yang akan tiba di Kota Madinah yang menerangi melalui bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

30