Home Hiburan BBC Rilis Dokumenter Skandal Burning Sun

BBC Rilis Dokumenter Skandal Burning Sun

Jakarta, Gatra.com - Jagat media sosial tengah dihebohkan kembali dengan skandal dunia K-Pop, yakni Burning Sun. Pasalnya, BBC merilis film dokumenter berjudul "Burning Sun – Exposing the secret K-pop chat groups" melalui kanal YouTube BBC World Service.

Melalui kacamata BBC World Service, BBC Eyes, merangkum skandal tersebut yang berdurasi satu jam dari sudut pandang dua jurnalis perempuan, Park Hyo-sil dan Kang Kyung-yoon yang berbasis di Seoul, Korea Selatan.

Dalam dokumenter ini, BBC membongkar isi percakapan aplikasi KakaoTalk yang menyeret idol K-Pop seperti Jung Joon Young dan mantan gitaris FT Island Choi Jong Hoon sejak tahun 2015 silam.

Diantaranya pesan tersebut berisi bukti bahwa Jung Joon Young dan Choi Jong Hoon telah membius dan memperkosa seorang wanita secara beramai-ramai serta mengambil dokumentasi secara diam-diam.

Tindakan diam-diam mengambil gambar dan video orang tanpa persetujuan dikenal sebagai "Molka" di Korea Selatan.

“Hati saya masih sakit ketika memikirkan hal itu. Sampai saya seringkali muntah setiap kali melihatnya,” kata Kang di dokumenter usai melihat foto-foto dan video para korban.

Diketahui pada grup pembicaraan tersebut bukan hanya mengungkap perilaku Jung Joon Young dan idol lain, namun mengungkap rahasia di balik klub papan atas Gangnam, Burning Sun, di mana salah satu personil BIGBANG Seungri, adalah seorang DJ dan CEO.

Terlihat dalam dokumenter tersebut, Seungri juga melakukan kekerasan terhadap wanita dan memfasilitasi para tamu VIP klub dengan menyediakan wanita-wanita.

Usai kasus Burning Sun dilansir dari pemberitaan Yahoo!, pada Agustus 2021 Seungri dijatuhi hukuman tiga tahun penjara dan denda 1,15 miliar won. Dia mengajukan banding atas hukuman tersebut dan hukumannya dikurangi setengah menjadi satu tahun enam bulan. Seungri menjalani pengurangan hukuman penjara selama 18 bulan dari Mei 2022 hingga Februari 2023.

Jung didakwa melakukan pemerkosaan dan diam-diam merekam serta membagikan video seksual tersebut,. Ia dijatuhi hukuman enam tahun penjara yang kemudian dikurangi menjadi lima tahun.

Sementara itu, Choi dijatuhi hukuman dua setengah tahun karena pemerkosaan berkelompok, serta Jung dan Choi diperintahkan untuk mengikuti kursus pengobatan kekerasan seksual selama 80 jam.

Choi Jong-hoon dibebaskan dari penjara pada November 2021, dan Jung Joon-young dibebaskan dari penjara pada Maret 2024 setelah menjalani hukuman lima tahun.

Sebagai informasi, skandal Burning Sun pertama kali terungkap sejak tahun 2019 di mana seorang laki-laki diduga kena penyerangan oleh staff Burning Club.

Korban mengklaim dirinya mencoba membantu seorang wanita yang dilecehkan secara seksual. Dilihat dari rekaman kamera CCTV terlihat alih-alih mendapatkan perlindungan, justru korban yang ditangkap polisi.

Usai diberitakan, akhirnya investigasi klub papan atas Burning Sun terkuak kejadian lainnya seperti prostitusi dan perdagangan narkoba.

Jika Anda atau kerabat terdekat merasa pernah mengalami kekerasan seksual dapat melaporkan kejadian tersebut melalui email pengaduan@komnasperempuan.go.id atau menghubungi Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) di call center 148 atau WhatsApp 0857-7001-0048.

55