Home Kesehatan Pemenang AIA Healthiest School, Siap Berlaga di Kompetisi Lanjutan Tingkat Internasional

Pemenang AIA Healthiest School, Siap Berlaga di Kompetisi Lanjutan Tingkat Internasional

Jakarta, Gatra.com– Sejumlah sekolah menerima penghargaan dalam national awarding yang digelar untuk mengumumkan para pemenang kompetisi AIA Healthiest Schools di Indonesia. Acara ini dihadiri oleh 50 perwakilan sekolah guru dan murid dari SD dan SMP, Dewan Juri, perwakilan manajemen AIA dan perwakilan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia, I Nyoman Rudi Kurniawan selaku Direktur SMP dan Supervisor Gerakan Sekolah Sehat Kemendikbudristek RI.

“Kami sungguh bangga melihat beragam upaya dari sekolah peserta AIA Healthiest School dalam mewujudkan komitmen untuk membantu anak hidup sehat," ungkap Chief Marketing Officer AIA, Kathryn Parapak dalam keterangan tertulisnya, Selasa (22/5).

Program AIA Healthiest Schools Competition diikuti oleh 145 sekolah kategori SD dan SMP. Project yang terkumpul telah dikurasi dan dinilai oleh juri-juri professional yang ahli di bidangnya, yakni Penanggung Jawab PDM 11 Gerakan Sekolah Sehat, Nia Nurhasanah Kemendikbudristek; psikolog dan pendidik, Tari Sandjojo; Dokter Anak, dr. Dimple Nagrani, Sp. A serta Chief Marketing Officer AIA, Kathryn Parapak dan Pemimpin Redaksi Majalah Bobo, David Togatorop.

Baca juga: Komitmen Herbalife dalam Memberikan Edukasi Gaya Hidup Sehat dan Aktif

Di posisi puncak, juara 1 AIA Healthiest Schools Competition dimenangkan oleh SDN 222 Pasir Pogor untuk kategori SD dan SMPN 22 Semarang untuk kategori SMP. Sekolah pemenang ini berhak mendapatkan hadiah senilai USD15.000 dalam bentuk fasilitas yang menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Sebagai rangkaian program global, pemenang AIA Healthiest School di Indonesia akan berkompetisi dengan partisipan dari 5 negara, yaitu, Malaysia, Thailand, Hong Kong, Vietnam dan Australia. Pemenang dari kompetisi tingkat internasional ini akan diumumkan di Bali pada Juli 2024.

Chief Marketing Officer AIA, Kathryn Parapak saat mengumumkan para pemenang kompetisi AIA Healthiest Schools di Indonesia. (GATRA/Dok AIA) 

Untuk diketahui, AIA Healthiest Schools adalah program internasional yang di Indonesia diselenggarakan oleh AIA bekerja sama dengan Majalah Bobo, Kompas Gramedia. Tujuannya untuk membangun kebiasaan hidup sehat, baik dalam perencanaan maupun penerapan yang membuat lingkungan sekolah dan komunitas sekolah hidup lebih sehat dan lebih bahagia.

Materi pembelajaran dikembangkan berdasarkan empat pilar utama program, yakni Makan sehat; Gaya hidup aktif; Kesehatan mental, serta Sehat & Lestari. Di Indonesia, AIA Healthiest Schools diluncurkan pada September 2023 dan kompetisi berlangsung hingga 8 Maret 2024 lalu.

Program ini juga menghadirkan sebuah tantangan untuk sekolah yang terdaftar di program ini yaitu mengajak siswa berusia 5-12 bekerjasama dengan guru mereka untuk membuat sekolah mereka lebih sehat. Dengan mengikuti AIA Healthiest Schools Competition, sekolah memiliki kesempatan untuk memenangkan hadiah.

Program yang paling menarik dan berdampak positif akan dibagikan di website AIA untuk menginspirasi sekolah lainnya di seluruh negarapartisipan. Sekolah juga mendapatkan kesempatan untuk memenangkan hadiah total hingga USD100.000.

Baca juga: Papua Youth Creative Hub Jadi Wadah Kreativitas Pemuda Tanah Cendrawasih

Kompetisi ini juga sejalan dengan komitmen Kemendikbudristek dalam membangun generasi Indonesia yang sehat dan Bahagia. Dalam hal ini, AIA berperan aktif dengan menjadi Mitra Kampanye untuk Program Sekolah Sehat.

Salah satu dukungan yang diberikan adalah program AIA Healthiest Schools. "Kami berharap para peserta dapat terus secara konsisten menjalankan upaya untuk membentuk lingkungan sekolah yang sehat,” tegas Kathryn.

Kathryn mengatakan, gaya hidup sehat adalah salah satu kunci dalam menentukan kualitas hidup anak di kala anak dewasa kelak. "Dengan menerapkan gaya hidup sehat sejak dini anak akan memiliki kebiasaan baik untuk menjaga kesehatan dirinya juga lingkungan di sekitarnya,” tegasnya.

Tak hanya kompetisi, AIA Healthiest School juga menjalankan kegiatan School Roadshow, mengunjungi lebih dari 20 sekolah di area Jabodetabek. Rangkaian ini bertujuan memberikan sosialisasi untuk implementasi hidup sehat di sekolah.

Dalam beberapa kesempatan Roadshow juga menghadirkan tim pelatih dari klub Liga Premier Inggris, Tottenham Hotspur.“AIA Healthiest School merupakan wujud komitmen AIA dalam membantu jutaan keluarga di Indonesia hidup lebih sehat, lebih lama, lebih baik," jelas Kathryn.

​​​​​​Baca juga: Angka Literasi Papua Terendah di Indonesia, Wahana Visi Indonesia Luncurkan Run for The East

Berikut daftar lengkap pemenang AIA Healthiest Schools dari kategori SD dan SMP.
Kategori SD:
Juara 1
1. SDN 222 Pasir Pogor
Juara 2
1. SD Kinderfield Depok
2. SDN Margomulyo 1 Ngawi
3. SDN 17 Limboto
Juara 3
1. SLB Negeri 1 Martapura
2. SD Ananda Bekasi
3. SDI Al Syukro Universal
4. SD Negeri 45 Tanjungpandan
5. SD SN Sungai MIAI 5 Banjarmasin
6. SDN Cengkareng Barat 09 Pagi
7. SLBN 31 PKLK Negeri Pangkalpinang
8. SDN Ragunan 08
9. SDN Karet Kuningan 03
10. SD Negeri 4 Tukadsumaga
11. SD Negeri 4 Dauh Peken

Kategori SMP:
Juara 1
1. SMPN 22 Semarang
Juara 2
1. SMP Labschool Kebayoran
2. SMPN 1 Pangkajene
3. SLB C YPLB Danyang Purwodadi Grobogan Jawa Tengah
Baca juga: Vibes Sehat, Perwira Pertamina Healing dengan Berolahraga Lari

Juara 3
1. SMP Negeri 10 Semarang
2. SMP Highfield Depok
3. SMP Negeri 29 Banjarmasin
4. Nassa Junior High School
5. SMPN 4 Leuwiliang
6. SMP Negeri 1 Sidoharjo
7. UPTD SMP Negeri 2 Sindang
8. SMP Negeri 2 Mendoyo
9. SMP Islam Plus Baitul Maal
10. UPT SMP Negeri 2 Pangkajene
11. UPTD SMP Negeri 3 Bakam

Untuk juara 2, jajaran sekolah ini mendapatkan hadiah masing-masing senilai USD 8.000 berupa
fasilitas yang menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah. Sedangkan juara 3, jajaran sekolah ini berhasil mendapatkan hadiah masing-masing senilai USD 1.000 yang diberikan berupa fasilitas yang menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah.

55