Home Ekonomi Kolaborasi BAPPEPTI dan Exchange Dukung Ekosistem Kripto

Kolaborasi BAPPEPTI dan Exchange Dukung Ekosistem Kripto

Jakarta, Gatra.com – CEO Indodax, Oscar Darmawan, mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dan mematuhui aturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) terkait perdagangan aset kripto.

“Kami berkomitmen untuk selalu mematuhi regulasi dan bekerja sama dengan BAPPEBTI untuk menciptakan lingkungan perdagangan yang aman dan terpercaya,” katanya pada Senin (27/5).

Lebih lanjut Oscar dalam keterangan pers menyampaikan, pihaknya akan patuh terhadap semua regulasi demi terciptanya perdangan aset kripto yang berkelanjutan.

Ia mengungkapkan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui BAPPEBTI melakukan berbagai langkah mitigasi, di antaranya dengan mengawal optimalisasi ekosistem aset kripto yang akan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat dalam bertransaksi.

Ada tujuh langkah mitigasi yang dilakukan oleh BAPPEBTI, yakni Penerapan Regulasi atau Kebijakan yang Sesuai dengan Ketentuan, Penyelesaian Proses CPFAK menjadi PFAK, dan Pengembangan Produk Kripto.

Selanjutnya, Kontribusi Perdagangan Aset Kripto terhadap Penerimaan Negara, Penguatan Kolaborasi dengan Pemangku Kepentingan Terkait, Penerapan Prinsip Know Your Customers (KYC), dan Inklusi dan Literasi Aset Kripto.

Menurut Oscar, platform perdagangan aset kripto seperti Indodax, penting untuk terus bekerja sama dengan BAPPEBTI untuk menciptakan lingkungan perdagangan yang aman, terpercaya, dan berkelanjutan.

Dengan inisiatif ini, lanjut dia, diharapkan industri aset kripto di Indonesia dapat tumbuh dengan sehat dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional.

Ia mengatakan, pihaknya bersama dengan BAPPEBTI dan pemangku kepentingan lainnya, akan terus berupaya untuk meningkatkan literasi, keamanan, dan kenyamanan dalam bertransaksi aset kripto.

“Kami percaya bahwa dengan adanya kerja sama yang erat antara BAPPEBTI dan stakeholder lainnya, kita dapat menciptakan ekosistem yang ramah terhadap inovasi dan teknologi baru,” katanya.

Menurut dia, kerja sama antara platform dengan BAPPEBTI tersebut pada akhirnya akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Selain itu, pihaknya berpartisipasi dalam program Bulan Literasi Kripto (BLK) yang merupakan salah satu bentuk dukungan Indodax dalam mengedukasi masyarakat.

“Lewat program BLK ini, kami bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai aset kripto dan memberikan edukasi yang komprehensif,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Oscar, salah satu cara Indodax turut berperan aktif dengan memperkuat literasi aset kripto adalah melalui Indodax Academy. Pihaknya memberikan edukasi dan pemahaman mengenai kripto dari dasar secara gratis lewat website, telegram, dan platform social media.

“Hal ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi industri kripto,” kata dia.

Selain itu, Oscar mengungkapkan, pihaknya juga membuka kolaborasi dengan pihak terkait untuk mengembangkan ekosistem kripto di Indonesia bersama-sama dalam program Indodax Goes to Campus untuk kalangan akademisi.

33

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR