Home Pendidikan Soedjai Kartasasmita, Sang Begawan Perkebunan Indonesia, Terima Penghargaan Doctor Honoris Causa

Soedjai Kartasasmita, Sang Begawan Perkebunan Indonesia, Terima Penghargaan Doctor Honoris Causa

Jakarta, Gatra.com– Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) menyambut baik penganugerahan Doktor Kehormatan (Honoris Causa) kepada Soedjai Kartasasmita yang diberikan Universitas Sumatera Utara (USU). Anugerah tersebut menekankan atas pemikiran, kiprah, dan kontribusinya yang luar biasa di bidang Perkebunan khususnya dalam Pembangunan Perkebunan di Indonesia.

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), Mohammad Abdul Ghani, menyampaikan bahwa anugerah tersebut sangat layak diberikan kepada Sang Begawan Perkebunan Indonesia. Menurutnya, pria kelahiran Bandung, Jawa Barat ini telah memberikan dedikasi dan keberhasilan dari awal karir hingga masa purna baktinya sehingga sangat patut untuk diteladani bagi perkebunan pekebun.

“Bapak Soedjai Kartasasmita adalah salah satu putra terbaik bangsa, beliau telah menunjukkan kepedulian yang besar terhadap pengembangan informasi daya manusia, penerapan teknologi teknologi, dan prinsip-prinsip berkelanjutan dalam industri perkebunan, sehingga menjadikannya sebagai inspirasi utama bagi generasi muda pekebun nusantara yang ingin berkontribusi di sektor ini,” ungkapnya dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis (30/5).

Soedjai Kartasasmita telah memainkan peran penting dalam berbagai aspek perkembangan industri perkebunan. Pepeduliannya terhadap peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) tercermin melalui program pelatihan yang bekerja sama dengan negara lain, bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan SDM tentang manajemen perkebunan modern.

Tidak hanya itu, ia menginisiasi kerja sama untuk mempromosikan energi terbarukan dan mengedepankan inovasi penggunaan cangkang kelapa sawit sebagai bahan bakar untuk pembangkit listrik ramah lingkungan, menjadikan industri perkebunan lebih berkelanjutan dan efisien.

Dengan jaringan yang luas baik di dalam maupun luar negeri, Soedjai menjadi pemain kunci dalam memfasilitasi kerja sama dan kolaborasi yang strategis untuk memajukan industri perkebunan di Indonesia. Keberadaannya tidak hanya memperluas cakupan akses terhadap teknologi dan sumber daya, tetapi juga membuka pintu bagi pertukaran ide dan praktik terbaik dari berbagai negara.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Pertanian periode 2000-2004 Bungaran Saragih menyatakan bahwa Soedjai Kartasasmita merupakan pionir di bidang perkebunan. “Sukses sawit kita ini disebabkan oleh sumber daya alam, SDM, manajemen, dan kepemimpinan yang bagus, dan salah satu pemain utamanya adalah dia,” ungkapnya.

Dia menilai, pemberian penganugerahan Doktor Kehormatan yang diberikan Universitas Sumatera Utara adalah hal yang tepat. “Saya sangat menghargainya. Karena banyak contoh yang dikasihi beliau, tidak hanya pembangunan perkebunan, tetapi juga kepribadian yang baik. Tidak banyak anak Indonesia yang seperti ini, dan kita harus menghargainya,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Menteri Pertanian Periode 1998-1999, Justika Baharsjah. Dia menyampaikan, Soedjai Kartasasmita sangat berjasa untuk kemajuan perkebunan Indonesia. “Dengan amalan dan kontribusinya, sehingga sangat pantas beliau mendapat anugerah kehormatan ini,” ujarnya.

Komisaris PT KBP Cakra, Rachmat Badruddin, menyampaikan, meski Soedjai Kartasasmita terutama dikenal sebagai ahli di bidang sawit, namun pengetahuannya di industri perkebunan lain sangat mumpuni. “Beliau sangat kuat di bidang sawit, tapi ternyata juga sangat menguasai di bidang perkebunan teh dan yang lain,” ucapnya.

Sementara itu, Pendiri dan Direktur Eksekutif Palm Oil Agribusiness Strategic Policy Institute (PASPI), Tungkot Sipayung, menambahkan bahwa kita bersyukur Soedjai Kartasasmita sebagai seorang pioner dan pejuang perkebunan Indonesia memperoleh penghargaan yang luar biasa. Menurutnya, Soedjai Kartasasmita adalah perintis perkebunan yang hasilnya bisa kita nikmati
hari ini.

“Kemajuan perkebunan Indonesia yang kita dapat capai ini salah satunya hasil kontribusi beliau, mulai dari perkebunan, hilirisasi, maupun penelitian. Anak muda saat ini jangan sia-siakan apa yang telah dibuat pendahulunya kita, termasuk oleh pak Soedjai,” tambah
Tungkot.

Pemberian gelar kehormatan kepada Soedjai Kartasasmita juga dihadiri oleh sejumlah direktur Perusahaan Perkebunan serta kolega yang berasal dari dalam dan luar negeri, menunjukkan pengakuan akan kontribusinya yang luas serta jaringan yang luas yang telah membangunnya dalam industri perkebunan.

25