Home Liputan Haji Tujuh Masjid dalam Benteng Khondaq, Dimana Pos Komando Nabi Muhammad?

Tujuh Masjid dalam Benteng Khondaq, Dimana Pos Komando Nabi Muhammad?

Madinah, Gatra.com- Madinah kota Nabi Muhammad (SAW), memiliki beberapa situs bersejarah paling suci dalam Islam. Tujuh masjid adalah salah satu landmark tersebut. Terletak di tepi barat Gunung Sila', Tujuh Masjid adalah kompleks masjid (masjid) kecil bersejarah yang menandai lokasi Perang Khondaq (Pertempuran Parit).

Di belakang masjid tujuh menjulang pegunungan Sila' dengan pos-pos pengintaian yang masih ada di puncaknya. Sedangkan parit yang dibangun Rasulullah telah berubah menjadi jalan. Pasukan muslim membangun parit sejauh tiga kilometer sedalam tiga meter lebih, lebar 4,6 meter. Sehingga kuda tidak bisa melompatinya.

Megaproyek itu digarap selama sebulan. Tim penggali harus mengeruk batu cadas keras. Setiap 10 orang menyelesaikan galian sepanjang 40 meter. Jadi kecepatan menggalinya satu meter lebih sedikit setiap hari.

Keberanian para sahabat, masing-masing dikenang dengan pendirian masjid. Masjid-masjid itu untuk memberikan penghormatan kepada mereka yang dengan gagah berani berjuang pada Pertempuran Khondaq pada 5 H. Masjid ini juga dikenal sebagai al-Masjid al-Sab, yang berarti “tujuh” dalam bahasa Arab. Meski terdapat enam masjid di kompleks tersebut.

"Tujuh masjid ini simbol kemenangan umat Islam menghadapi para kafir Qurays yang datang untuk menghancurkan umat Islam," kata Aswadi Syuhadak, guru besar Universitas Islam Sunan Ampel, Surabaya, 01/06.

Terhadap masjid Salman Al Farisi Aswadi memiliki kesan tersendiri. "Agar umat Islam memiliki memori yang kuat bahwa betapapun sedikit (3000 banding 10000) pasukan bisa mengalahkan kekuatan yang besar atas izin Allah SWT," katanya.

Meski awalnya terdapat tujuh masjid di kompleks ini, kini jumlah masjid sebenarnya menjadi enam. Meskipun demikian, kompleks bersejarah kecil ini masih disebut sebagai tujuh masjid. Al-Masjid al-Sab terletak di wilayah barat Gunung Sila' di Madinah, Arab Saudi.

Ini adalah tempat yang populer untuk Ziyarah dan dikunjungi oleh jutaan umat Islam setiap tahunnya. Jika kita gerakkan dari selatan ke utara, penempatan masjid-masjid tersebut adalah Jami' al-Khondaq, Masjid Fatima (Saadz bin Muadz), Masjid Ali, Masjid Umar, Masjid Abu Bakar, Masjid Salman Farisi, dan Masjid al Fat'h.

Jadi, jika Anda berkesempatan, kunjungilah ketujuh masjid tersebut karena masing-masing masjid memiliki makna tersendiri dan terkait dengan kehidupan Nabi Muhammad (SAW) dan pembentukan komunitas Islam.

Masjid Al Fat'h, Pos Komando Nabi Muhammad

Dibangun di atas sebuah bukit di wilayah barat Gunung Sila, Masjid al Fat'h adalah masjid terbesar dari tujuh masjid. Ini menandai lokasi Pertempuran Ahzab dan memberikan penghormatan atas kemenangan bersejarah umat Islam di Madinah.

Menurut sejarah Islam, Masjid al Fat'h pertama kali dibangun pada masa Kekhalifahan Umar (RA) di lokasi pos komando Nabi Muhammad (SAW). Direnovasi Saifuddin Abu al-Hija pada tahun 1154 dan dipugar pada masa pemerintahan Fahad bin Abdul Aziz al-Saud.

Jabir (RA) meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad (SAW) berdoa selama tiga hari selama Pertempuran Ahzab. Salah satu doanya adalah: “Ya Allah, Pengungkap Kitab, cepat dalam memperhitungkan, buatlah sekutu-sekutu itu melarikan diri, ya Tuhan kalahkan mereka dan goyahkan mereka.”

Dari Masjid Al Fat'h memberikan pandangan ke seluruh medan perang. Ia juga dikenal sebagai Masjid A'la dan Masjid Ahzab.

Masjid Salman Farisi

Masjid Salman Farsi terletak 20 meter di selatan Masjid al Fat'h. Masjid ini dinamai Salman Farisi (RA), saat ia memimpin pembangunan parit selama Pertempuran Khondaq. Masjid Salman Farisi dibangun pada masa kekhalifahan Umar bin Abdul Aziz dan direnovasi satu kali pada tahun 1154 Hijriah pada masa pemerintahan Saifuddin Abu al-Hija dan pemerintahan kedua Sultan Ottoman Abd al-Majid I. Yang mencolok Keistimewaan Masjid Salman Farsi adalah ukurannya yang kecil, karena memiliki aula sepanjang 7 meter dan lebarnya hanya 2 meter .

Bahkan saat ini, Masjid Salman Farisi memberikan penghormatan kepada gagasan dan kepemimpinan Salman Farsi (RA) karena jika bukan karena dia, umat Islam tidak akan pernah memenangkan pertempuran tersebut. Masjid Salman Farisi menjadi bukti bahwa untuk memenangkan suatu pertempuran, tidak perlu memiliki pasukan yang kuat tetapi strategi yang jitu.

Masjid Abu Bakar, Diratakan Buat Parkir

Terletak 15 meter barat daya Masjid Salman Farisi, Masjid Abu Bakr dibangun di lokasi tempat khalifah pertama, Abu Bakr (RA), memimpin salat Idul Fitri bersama Nabi Muhammad (SAW). Masjid Abu Bakar dibangun pertama kali pada masa pemerintahan Omar Bin Abdul Aziz (705-709/89-91 H) dan kemudian direnovasi Sultan Mahmoud II pada masa pemerintahannya pada tahun 1838 M/1254 H.

Masjid Abu Bakar menampilkan arsitektur berbentuk persegi dan panjang kurang lebih sembilan meter. Masjid ini dibangun menggunakan batu basal hitam. Bagian dalam Masjid Abu Bakar dicat putih. Ciri khas lain dari Masjid Abu Bakar adalah menara setinggi 15 meter, halaman persegi panjang lebar 6 meter dan panjang 13 meter, serta kubah berornamen setinggi 12 meter.

Menara Masjid Abu Bakar sangat mirip dengan Menara Bab as-Salam Masjid Nabawi. Hanya sedikit orang yang tahu bahwa Masjid Abu Bakar dulunya memiliki bangunan berwarna putih agak tinggi yang diratakan untuk menambah ruang parkir.

Masjid Umar, Pos Komando Umar bin Khattab

Terletak di barat daya Masjid Nabawi dan 10 meter di selatan Masjid Abu Bakar, Masjid Umar dibangun di lokasi pos komando Umar (RA) selama Pertempuran Parit. Letaknya di ketinggian lebih tinggi dan berada di dataran yang sama dengan Masjid Al Fat'h.

Masjid Umar memiliki arsitektur yang sama dengan Masjid al Fat'h, yang menunjukkan bahwa kedua masjid tersebut dibangun dan direnovasi pada waktu yang bersamaan. Menurut sejarah Islam, Umar (RA) berdoa di masjid ini pada masa kekhalifahannya.

Masjid Ali

Berukuran lebar hanya 6,5 ??meter dan panjang 8,5 meter adalah Masjid Ali. Terletak di puncak bukit. Paling tinggi di atas masjid-masjid lainnya dan di selatan Masjid Fatima. Menurut sejarah Islam, dari sinilah Ali (RA) ikut serta dalam Pertempuran Parit, dan juga memimpin Shalat Idul Fitri pada masa kekhalifahannya. Anda harus menaiki anak tangga kecil untuk masuk ke dalam masjid. Diyakini bahwa Masjid Ali telah dibangun dan direnovasi di samping Masjid al Fat'h.

Dengan tujuan untuk mempertahankan arsitektur aslinya, pemerintah Madinah sedang merenovasi Masjid Ali dan juga membangun taman besar di sekitarnya.

Masjid Fatima atau Masjid Saad bin Muadz.

Terletak tidak jauh di sebelah barat Masjid Ali adalah Masjid Fatima. Masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Saad ibn Mu'adz dan merupakan masjid terkecil dari tujuh masjid. Masjid Fatima berukuran kurang lebih 4 x 3 meter dan dibangun pada masa pemerintahan Sultan Abdul Majid I pada Era Ottoman.

Jami' al-Khondaq

Masjid Parit atau Jami' al-Khondaq juga dikenal sebagai “Masjid Penaklukan.” Ini adalah salah satu masjid paling modern di situs tersebut. Letaknya di kaki Gunung Sila' di Madinah, Arab Saudi. Jami' al-Khondaq menempati bekas parit di barat laut kota Nabi Muhammad (SAW).

Seperti namanya, masjid ini memberikan penghormatan kepada Pertempuran Parit yang terjadi antara orang-orang kafir dan Muslim Madinah pada masa Nabi Muhammad (SAW).

Arsitektur masjid yang berwarna putih cerah menampilkan tiang-tiang putih, pintu kayu, menara kembar, dan mihrab berhias kayu yang dibangun menggunakan marmer hitam dan putih. Jami' al-Khandaq menjadi pusat perhatian situs bersejarah tujuh masjid tersebut.

95