Home Liputan Haji Kepala Dalgas: Jadilah Petugas Haji 'Fastabiqul Khoirot'

Kepala Dalgas: Jadilah Petugas Haji 'Fastabiqul Khoirot'

Madinah, Gatra.com— Peran Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dalam mennyukseskan pelaksanaan ibadah haji dan membantu jemaah haji Indonesia sangat penting. Demi menjaga performa petugas haji dalam memberikan pelayanan terhadap jemaah, sebagaimana arahan Menteri Agama untuk pelaksanaan haji tahun ini dibentuk satu struktur baru yaitu dalgas pengendalian petugas atau satu unit khusus yang bertugas untuk mengendalikan, mengevaluasi dan memastikan memonitoring mendisiplan petugas agar secara sungguh-sungguh melaksanakan tugasnya melayani jemaah haji Indonesia.

“Kita telah membentuk Tim Dalgas, yang intinya bahwa pelayanan haji ini harus berjalan dengan maksimal. karena sesuai dengan arahan menteri agama pelayanan haji tahun ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya,” ungkap Kepala Pengendalian Petugas (Dalgas), Hasan Basri Sagala kepada tim Media Center Haji (MCH), Sabtu (31/05).

Tentu saja semua segmen pelayanan ini sangat tergantung kepada petugas. konsumsi bisa baik kalau petugasnya juga berjalan dengan baik. transportasi bisa berjalan dengan maksimal kalau petugasnya juga melaksanakan tugas dengan maksimal. kesehatan bisa memberikan pelayanan dengan baik kalau petugasnya juga memberikan pelayanan dengan baik, Alhamdulillah sejauh ini terpantau baik semua, tambahnya.

Selaku tim Dalgas, Ia mengingatkan agar semua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) terutama saat pelaksanaan ibadah puncak haji harus berorientasi memberikan pelayan terbaik bagi jemaah, "Jangan menjadi jemaah yang ‘zholim’ yakni petugas yang tidak melaksanakan tugas yang menjadi tanggung jawab dan kewajibannya. Hal ini sama saja zholim kepada rekannya pun kepada jemaah yang harusnya ia layani,” ujar Hasan Basri.

Menurut nya, jangan pula menjadi petugas yang bersikap ‘Muqtashid’ yakni petugas yang setengah-setengah dalam melaksanakan tugasnya, misal baru bekerja jika ada atasan atau pimpinan yang mengawasinya.

Ia mengingatkan agar semua petugas dalam melayani jemaah “Jadilah petugas yang ‘Fastabiqul Khoirot’ yakni petugas yang berlomba-lomba melakukan kebaikan dalam melayani jemaah," tambahnya.

Lebih lanjut Hasan Basri mengatakan hal yang lebih penting adalah semangat kita sama. tim Dalgas bukan berorientasi untuk menghukum atau mendisiplinkan, tapi yang lebih penting adalah semua bekerja dengan maksimal sehingga tidak ada petugas yang meninggalkan tugas atau tidak disiplin. kalaupun ada yang demikian tentu akan kita proses. Karena sop dalgas adalah salah satu tugasnya diberikan kewenangan untuk melakukan sweeping dan patroli. Apabila ada petugas yang tidak melaksanakan tugasnya maka akan kita lakukan hukuman yang semaksimal mungkin dalam rangka untuk mendisiplinkan petugas," tandasnya.

19