Home Lingkungan Aksi Asri Operasi Semut Ke-5, Chandra Asri Group dan Relawan Beri Edukasi di Kota Tua Jakarta

Aksi Asri Operasi Semut Ke-5, Chandra Asri Group dan Relawan Beri Edukasi di Kota Tua Jakarta

Jakarta, Gatra.com- PT Chandra Asri Pacific Tbk (Chandra Asri Group) kembali menyelenggarakan Aksi Asri Operasi Semut, sebuah kegiatan berbasis lingkungan berkelanjutan yang dikelola oleh Kampanye Indonesia Asri. Giat Aksi Asri Operasi Semut kali ini dilaksanakan di Kota Tua Jakarta, sebuah destinasi wisata sejarah yang ikonik di Jakarta pada Minggu (2/6).

Aksi Asri Operasi Semut Vol.5 diikuti oleh 33 relawan yang terdiri dari masyarakat umum dan karyawan Chandra Asri Group. Relawan yang dikenal dengan sapaan “Warga Asri” bergotong-royong di area Kota Tua untuk mengumpulkan sampah sekaligus memberikan edukasi mengenai kategorisasi sampah.

​​​​​​Baca juga: Wujudkan #IndonesiaAsri di Race Expo Jakarta Marathon 2023 Chandra Asri Kumpulkan Lebih dari 2.780 k

Head of Corporate Communications Chandra Asri Group, Chrysanthi Tarigan menyampaikan apresiasinya terhadap antusiasme para relawan. "Kami sangat bangga melihat semangat dan kepedulian para Warga Asri dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Kegiatan ini bukan hanya tentang membersihkan sampah, tetapi juga mengedukasi masyarakat tentang pentingnya memilah sampah sebagai langkah awal dalam pengelolaan sampah, demi mewujudkan Indonesia Asri," ungkapnya di kawasan Kota Tua, Minggu (2/6).

Hadirnya Aksi Asri Operasi Semut diharapkan mampu membantu masyarakat membangun kebiasaan baru dalam pengelolaan sampah, dimulai dari langkah sederhana seperti memilah sampah sesuai jenisnya sebelum dibuang. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terkait dampak positif pemilahan sampah, seperti sampah plastik yang dapat dimanfaatkan lebih lanjut bila terpilah dengan baik.

​​​​​​Baca juga: Chandra Asri Luncurkan Kampanye #IndonesiaAsri

"Dengan memilah sampah, kita dapat mendukung ekonomi sirkular dengan menjaga nilai dan kualitas sampah, terutama sampah plastik.  Dengan memilah sampah. Kita dapat dapat mengurangi dampak negatif sampah terhadap lingkungan," tambah Chrysanthi.

Pada giat ke-5 ini, terkumpul 24 kilogram sampah yang terdiri atas 4 kilogram sampah organik, 12,5 kilogram sampah plastik, 3,5 kilogram sampah kertas, dan 4 kilogram sampah lainnya. Sampah yang terkumpul kemudian diserahkan ke fasilitas pengelola sampah yang dinaungi oleh Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua untuk dikelola lebih lanjut.

Baca juga: Chandra Asri Group Raih Predikat Emas dan Hijau di Ajang PROPER 2023 KLHK

Sebelumnya, Chandra Asri Group juga telah sukses melaksanakan empat kali Aksi Asri Operasi Semut yang bertempat di Car Free Day (CFD) Jakarta dan event Jakarta Marathon 2023. Dari seluruh Aksi Asri Operasi Semut ini Chandra Asri Group bersama relawan berhasil mencegah lebih dari 2.000 kilogram sampah tidak bocor ke lingkungan.

48