Home Kebencanaan Nenek dan Cucu Meregang Nyawa di Kolam Bekas Tambang

Nenek dan Cucu Meregang Nyawa di Kolam Bekas Tambang

Karanganyar, Gatra.com - Dua warga tewas akibat tenggelam di kolam bekas galian C di Dusun Terek RT 01/RW I, Desa Jatikuwung, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar, Jateng, Selasa, (4/6), pukul 07.00 WIB. Dua korban meninggal dunia adalah nenek dan cucunya.

Kapolsek Gondangrejo, Iptu Subkhi, mengatakan, identitas dua korban yakni Budiyanti (51) dan cucu perempuannya Fadil Khoirunisa Azahara (2). Mereka tenggelam di lubang berisi air hujan berukuran lebar 4 meter panjang 8 meter dan kedalaman 4 meter.

Awalnya, warga setempat bernama Sulistiyowati melihat jilbab warna krem mengambang di permukaan kolam. Setelah diperiksa, ternyata tubuh Budiyanti yang terlihat.

Dia lalu meminta bantuan dua warga lain untuk mengangkat tubuh korban dari kolam itu. Saat mengevakuasi itulah tubuh lain terlihat. Tubuh tak bernyawa itu adalah Fadil, seorang balita yang tak lain cucu perempuan Budiyanti.

"Para saksi menggotong dua korban ke rumah duka," kata Kapolsek.

Polisi dan dokter puskesmas juga memeriksanya. "Mereka meninggal dunia karena tenggelam," katanya.

Kades Jatikuwung, Sartono, mengatakan, Budiyanti mengasuh cucunya itu selama orangtuanya bekerja. Budiyanti juga berladang di sawah yang tak jauh dari lokasi kejadian.

Diceritakannya, kolam itu dulunya lubang bekas galian C. Warga memanfaatkannya untuk keperluan pengairan sawah.

"Kolam itu sudah lama kok. Enggak ditutup karena dimanfaatkan air tampungan hujan untuk mengairi sawah," katanya, Selasa petang.

Menurut pengakuan Ketua RW 01, Bambang, kepada dirinya, Budiyanti bersama cucunya lewat di depan rumah sekitar pukul 05.30 WIB. Bambang melihat keduanya menuju sawah.

"Lubang itu letaknya di lahan milik korban. Pak RW melihat mereka lewat sekitar pukul 05.30 WIB," katanya.

Di rumah duka, dua jenazah setelah disalatkan langsung dikubur di makam Astonoloyo Dusun Terek pada pukul 14.00 WIB. Keduanya dimakamkan berbeda liang lahat.

Dalam surat lelayu tertulis Budiyanti istri dari Parjoko. Sedangkan Fadil putri kedua pasangan Edi Kiswanto-Elin. Usai musibah itu, kolam bekas galian C ditutup.

247

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR