Home Internasional Penjaga Pantai AS Sita 2 Ton Kokain

Penjaga Pantai AS Sita 2 Ton Kokain

Florida, Gatra.com - Penjaga Pantai AS mengatakan pihaknya menurunkan lebih dari 4.800 pon (2177kg)kokain senilai lebih dari $63 juta di sebuah pelabuhan di Florida pada hari Kamis – dua hari setelah para pejabat mengatakan petugas Penjaga Pantai menembaki dan menenggelamkan sebuah speedboat yang diduga menyelundupkan narkoba di Laut Karibia.

Kokain yang diturunkan pada hari Kamis adalah hasil dari dua operasi di lepas pantai Puerto Cabello, Venezuela, kata Penjaga Pantai dalam sebuah posting media sosial. Operasi tersebut dilakukan oleh kapal patroli Angkatan Laut Kerajaan Belanda, yang membawa detasemen penegakan hukum Penjaga Pantai dan skuadron taktis pelarangan helikopter.

Pengumuman penyitaan kokain ini disampaikan hanya dua hari setelah pihak berwenang mengatakan kapal angkatan laut Belanda dan aset Penjaga Pantai AS di Laut Karibia “mengidentifikasi sebuah kapal yang dicurigai menyelundupkan narkotika di perairan internasional.” Para pejabat mengatakan dalam rilis berita hari Kamis bahwa kapal yang dicurigai sebagai kapal narkoba, sebuah speedboat, tidak berhenti pada Selasa pagi ketika diberi isyarat dan malah langsung menuju ke kapal patroli Belanda.

Perwira Angkatan Laut Belanda dan anggota Penjaga Pantai A.S. yang berada di kapal patroli tersebut menembakkan senjata mereka ke speedboat tersebut “untuk membela diri dan membela orang lain dalam menanggapi situasi yang mengancam jiwa,” kata para pejabat. Speedboat tersebut terbakar dan tenggelam, dan tiga tersangka penyelundup keluar dari kapal dan menghilang di bawah air, kata Penjaga Pantai.

Penjaga Pantai AS, Angkatan Laut Kerajaan Belanda, dan Penjaga Pantai Karibia Belanda menghentikan upaya pencarian ketiga tersangka pada Selasa malam, kata para pejabat. Tidak ada korban luka yang dilaporkan pada perwira Belanda dan AS.

13