Home Olahraga Piala Eropa 2024: Hungaria Penuh Sejarah, Bagaimana Kini?

Piala Eropa 2024: Hungaria Penuh Sejarah, Bagaimana Kini?

Budapest, Gatra.com - Hungaria pernah menjadi negara menakutkan dalam kompetisi sepak bola di era 1910 hingga 1960. Sejumlah pemain kaliber hadir dari negara ini.

Namun prestasi mereka kemudian perlahan surut. Baru belakangan ini, Hungaria kembali bisa mewarnai percaturan sepak bola, utamanya di Eropa.

Pada Piala Eropa 2024 ini, Hungaria secara mengejutkan tampil sebagai juara dalam babak penyisihan Grup G. Mereka mampu unggul atas Sebia maupun Montenegro, hingga Bulgaria.

Baca Juga: Ujian bagi Skotlandia, Ini Para Pemainnya

Sejauh ini prestasi terbaik mereka di Piala Eropa adalah peringkat ketiga pada edisi 1964. Kemudian pada edisi 1972 mereka berada di peringkat keempat. Namun setelah itu mereka harus absen di periode 1976 hingga 2012.

Hungaria baru bisa berpartisipasi lagi pada edisi 2016. Di mana mereka mampu menembus babak 16 besar.

Pada edisi 2020 lalu, Hungaria juga turut serta. Sayangnya mereka harus menjadi tim juru kunci di Grup F yang juga dihuni oleh Prancis, Jerman, dan Portugal.

Pada 2024 ini, Hungaria tergabung di Grup A bersama Jerman, Skotlandia, dan Swiss.

Sebanyak 26 pemain sudah ditetapkan oleh pelatih Marco Rossi. Siapa saja?

Kiper: Denes Dibusz (Ferencvaros), Peter Gulacsi (RB Leipzig), Peter Szappanos (Paks).

Baca Juga: Manchester City Sumbang Pemain Terbanyak

Belakang: Botond Balogh (Parma), Endre Botka (Ferencvaros), Marton Dardai (Hertha Berlin), Attila Fiola (Fehervar), Adam Lang (Omonia Nicosia), Willi Orban (RB Leipzig), Attila Szalai (Freiburg), Milos Kerkez (Bournemouth).

Tengah: Bendeguz Bolla (Servette), Mihaly Kata (MTK), Laszlo Kleinheisler (Hajduk Split), Adam Nagy (Spezia), Zsolt Nagy (Puskas Akademia), Loic Nego (Le Havre), Andras Schafer (Union Berlin), Callum Styles (Sunderland), Dominik Szoboszlai (Liverpool).

Depan: Martin Adam (Ulsan Hyundai), Kevin Csoboth (Ujpest), Daniel Gazdag (Philadelphia Union), Krisztofer Horvath (Kecskemet), Roland Sallai (Freiburg), Barnabas Varga (Ferencvaros).

47