Home Nasional Menhub Budi Karya: Bandara IKN Beroperasi 1 Agustus, Dilengkapi Kereta Tanpa Rel

Menhub Budi Karya: Bandara IKN Beroperasi 1 Agustus, Dilengkapi Kereta Tanpa Rel

Sleman, Gatra.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan bandar udara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur bakal beroperasi pada 1 Agustus 2024. Hal ini sebagai persiapan digelarnya upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI tahun ini oleh Presiden Joko Widodo di IKN.

“Saya mendapatkan tugas paling tidak semua matra (sektor transportasi). Jadi lapangan terbang sudah kita siapkan pada 1 Agustus nanti berfungsi,” kata Menhub Budi di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (12/6).

Presiden Jokowi telah mengungkapkan nama bandara di IKN adalah Nusantara Airport. Budi pun mengungkap dua tugas setelah menyiapkan bandara.

Tugas kedua Menhub Budi adalah menyediakan fasilitas kereta api tanpa rel. Kereta ini akan berfungsi sebagai transportasi untuk mengelilingi IKN sepanjang 70 kilometer.

Sedangkan tugas ketiga, Kemenhub diminta untuk mengoordinasikan penggunaan mobil-mobil listrik untuk digunakan di lingkungan IKN.

Budi menyatakan pihaknya sudah menghubungi beberapa pihak dan mendapatkan dukungan.

“Tugas keempat memberikan apresiasi kepada masyarakat yang datang ke IKN sebagai wisatawan. Kami bakal memberikan pelayanan one day service dan dalam jangka menengah akan melibatkan swasta dalam pengelolaan teluk Balikpapan,” jelasnya.

Menhub Budi hari ini di Yogyakarta menghadiri Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Lalu Lintas 2024 di Alana Hotel & Convention Center yang juga dihadiri Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Selain itu, hadir juga Menteri Koordinasi Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy. Di acara yang bakal berlangsung sampai Jumat (14/6) ini, kedua menteri memperoleh penghargaan kolaborasi pengamanan arus mudik dan arus balik Operasi Ketupat 2024 dari Kapolri.

"Saya sangat mengapresiasi Kepolisian RI, khususnya Korlantas yang sudah mampu bekerja sama dengan semua pihak, sehingga pada saat lebaran kemarin bertindak tegas tetapi humanis," kata Budi dikutip dari rilis.

26