Home Hukum Seorang Bule Buat Video Ibu Kota Koruptor Nepotisme, Polisi: Bukan di IKN

Seorang Bule Buat Video Ibu Kota Koruptor Nepotisme, Polisi: Bukan di IKN

Jakarta, Gatra.com - Polda Kalimantan Timur mengungkap berdasarkan hasil penyelidikan bahwa lokasi bule yang menyebut Ibu Kota Koruptor Nepotisme bukan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Betul tim Polda Kaltim melakukan penyelidikan terhadap media sosial yang viral tersebut. Hasil sementara bahwa tempat tersebut bukan di area IKN," kata Kabid Humas Polda Kalimantan Timur Kombes Artanto saat dikonfirmasi, Kamis (13/6).

Menurut Artanto, identitas bule tersebut sudah diketahui, tetapi ia tidak menyebut secara gamblang. Sementara itu pihak kepolisian akan mengimbau sebagai edukasi yang bersangkutan terlebih dahulu, dan tidak melakukan penjemputan untuk dilakukan klarifikasi terhadap video yang dibuatnya itu.

Tidak hanya itu, Artanto juga mengimbau kepada bule tersebut untuk tidak melakukan hal serupa baik di IKN maupun di tempat lain meskipun hal tersebut merupakan pendapat atau penilaian. "Apalagi yang bersangkutan adalah WNI yang akunnya menggunakan nama 'om bule'. Jangan sampai membuat antipati sebagai masyarakat Indonesia terhadap orang lain," ucapnya.

Diketahui viral di media sosial X video seorang lelaki ras kaukasia atau kulit putih/bule  yang diunggah dengan keterangan 'Liputan langsung Om Bule dari IKN Ibu Kota Koruptor dan Nepotisme. Cocok ya namanya'.

Dalam video tersebut bule itu menyapa dengan sebutan om bule lovers dan menjelaskan tengah berada di IKN tetapi dengan singkatan Ibukota Koruptor Nepotisme.

Kemudian ia menjelaskan pembangunan IKN dan juga menyinggung mengenai tidak ada air sehingga sulit untuk mandi maka dari itu pipa-pipa sudah didatangkan dari Jakarta.

286