Home Internasional BYD, Chery Mendominasi Pasar Otomotif Cina

BYD, Chery Mendominasi Pasar Otomotif Cina

Beijing, Gatra.com - Merek-merek domestik Cina merajai pasar negera itu, tercermin dari laporan penjualan bulanan yang diterbitkan China Passenger Car Association (CPCA).

Selama Mei 2024, BYD kembali menegaskan posisinya sebagai merek paling populer. BYD mempertahankan dominasinya sepanjang tahun ini. Merek Chery juga menunjukkan peforma penjualan yang mengagumkan dengan tumbuh 59% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Dominasi merek-merek Cina ini seperti mengkonfirmasi prediksi Li Yunfei, GM departemen merek dan humas BYD. Di forum China Automobile Forum 2024 di Chongqing dia memperkirakan pangsa merek Tiongkok akan mencapai 80% dalam dua tahun ke depan darisaat ini yang berada di level 60%.

BYD meneguhkan posisinya di bulan Mei dengan penjualan ritel sebesar 268,226, naik 21,5% dari periode yang sama tahun lalu. BYD kini menguasai 15,7% pasar mobil Tiongkok. Satu-satunya perusahaan patungan yang masuk lima besar adalah FAW Volkswagen yang dengan penjualan 124.029 turun -17,5% dengan pangsa pasar 7,3%.

Geely berada dalam jarak yang sangat dekat dengan tempat nomor dua yang menjual kurang dari 300 mobil. Penjualan Geely naik 31,6% dibandingkan tahun lalu dan perusahaan swasta yang berbasis di Zhejiang kini menguasai 7,2% pangsa pasar. Changan mengamankan posisi nomor empat meskipun mengalami penurunan -12,7% dan memiliki pangsa pasar 5,6%.

Yang melengkapi lima besar adalah Chery yang mengalami peningkatan penjualan sebesar 59,3%, dengan perusahaan Anhui kini menguasai pangsa pasar 5,2% pasar. Daftar 10 besar kemudian diisi oleh Shanghai Volkswagen, GAC Toyota, Dongfeng Nissan, BMW Brilliance, dan Tesla China.

37