Home Regional Jumlah Sumbangan Hewan Kurban ke PHBI NTB Menurun, Imbas Tahun Politik?

Jumlah Sumbangan Hewan Kurban ke PHBI NTB Menurun, Imbas Tahun Politik?

Mataram, Gatra.com - Jumlah sumbangan hewan kurban ke Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah tahun 2024 ini mengalami penurunan jika dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun ini, PHBI NTB mengumpulkan 35 ekor hewan kurban, sedangkan tahun sebelumnya mencapai 40 sampai dengan 50 ekor.

Kepala Biro Kesra Setda NTB Sahnan menjelaskan, sumbangan hewan kurban menurun disebabkan salah satunya karena tahun politik. Ia menyebut tahun-tahun sebelumnya, hewan kurban yang terkumpul di PHBI NTB mencapai 40 - 50 ekor.

"Saya melihat karena tahun politik. Konsentrasi penggunaan anggaran itu, lembaga yang kita minta tidak fokus untuk kegiatan keagamaan tapi kegiatan politik. Sehingga jumlah hewan kurban yang terkumpul agak berkurang dari tahun sebelumnya," kata Sahnan di masjid Hubbul Wathan, Islamic Center NTB, Senin (17/6).

Sahnan menyatakan, hewan kurban yang terkumpul pada tahun ini sebanyak 35 ekor. Terdiri dari 14 ekor sapi dan 21 ekor kambing. Pihaknya juga telah bersurat ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov NTB dan lembaga-lembaga terkait lainnya.

"Kita sudah surati semua OPD tapi rupanya karena tahun politik, konsentrasi pemanfaatan anggaran agak berubah," jelas Sahnan.

Hewan kurban yang berhasil dikumpulkan PHBI NTB selanjutnya disalurkan ke organisasi keagamaan seperti Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Nahdlatul Wathan (NW).

Kemudian Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI), masjid, pondok pesantren, majelis ta'lim dan organisasi kepemudaan. "Kita salurkan kemarin sehari penuh," demikian Sahnan.

167