Home Ekonomi Momen Libur Iduladha, Pertamina Tambah Pasokan 5 Persen

Momen Libur Iduladha, Pertamina Tambah Pasokan 5 Persen

Solo, Gatra.com - PT Pertamina Niaga menambah pasokan bahan bakar minyak (BBM) sebesar 5 persen selama momen libur Iduladha. Hal ini disampaikan oleh Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho.

”Kami tambah pasokan 5 persen dari rata-rata harian bahan bakar di terminal ke SPBU,” kata Brasto melalui rilis yang diterima Gatra.com pada Rabu (19/6).

Sementara untuk biosolar, pada Sabtu (15/6) lalu, pasokan di seluruh SPBU Solo Raya ditambah 1.248 kiloliter. “Penambahan penyaluran tersebut akan dilakukan selama beberapa hari ke depan untuk memperkuat ketahanan stok biosolar di Solo Raya,” ujarnya.

Brasto menyatakan, pihaknya telah memantau penyaluran biosolar di SPBU-SPBU Solo Raya pada Sabtu (15/6) malam. Dari pemantauan tersebut, stok biosolar di SPBU tersedia dan antrean normal.

"Ketahanan stok biosolar di Fuel Terminal Boyolali juga dalam kondisi aman, yaitu mendekati angka 10 hari. Ini belum termasuk stok di kilang dan kapal," imbuhnya.

Pihaknya juga mengimbau pengguna kendaraan diesel untuk menggunakan BBM non-subsidi, seperti Pertamina Dex dan Dexlite.

Adapun wilayah Jawa Tengah dan DIY pada momen libur panjang 14-18 Juni 2024 mengalami peningkatan konsumsi gasoline 1,9 persen. Tercatat jumlah konsumsinya meningkat dari 12.824 kiloliter (KL) per hari menjadi 13.068 KL per hari

”Jumlah ini meningkat 1,9 persen bila dibandingkan dengan rata-rata konsumsi saat periode normal di bulan Januari dan Februari 2024,” katanya.

Kenaikan konsumsi ini terjadi pada BBM Pertamax sebesar 1,7 persen jika dibanding rerata normal. Sementara untuk BBM jenis gasoil meningkat 6.599 KL per hari menjadi 6.881 KL per hari atau sebesar 4,3 persen.

”Sementara untuk rerata konsumsi harian LPG 3 kilogram di wilayah Jawa Bagian Tengah (Provinsi Jateng dan DIY) juga mengalami kenaikan 8 persen atau naik 12.368 tabung per hari bila dibandingkan rerata normal yaitu dari 1.493.198 tabung menjadi 1.505.566 tabung," katanya.

Untuk avtur, rerata konsumsi tertinggi di wilayah Jawa bagian tengah terjadi pada 14 Juni yaitu 351,6 KL per hari. Pada periode libur panjang 14-18 Juni, rerata konsumsi harian avtur terjadi peningkatan dari 269,4 KL menjadi 275,9 KL per hari atau sebesar 2,4 persen dibandingkan dengan periode normal.

“Pertamina Patra Niaga memastikan kebutuhan energi cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat termasuk saat periode libur Iduladha 2024. Pertamina mengimbau masyarakat menggunakan produk BBM berkualitas seperti Pertamax Series dan Dex Series dan LPG berkualitas seperti Brightgas,” ujarnya.

24