Home Gaya Hidup Bazar Herb Euphoria Fest, Hasil Kolaborasi BUMN untuk Mendorong Hidup Sehat

Bazar Herb Euphoria Fest, Hasil Kolaborasi BUMN untuk Mendorong Hidup Sehat

Jakarta, Gatra.com - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) bersama Bank Mandiri, Adhi Karya, Permodalan Nasional Madani, dan Perum Perhutani mengadakan Bazar Herb Euphoria Fest. Event ini bertujuan untuk mendukung dan mempromosikan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMK) di Indonesia.

"Dalam upaya mendukung UMK, kami menyadari pentingnya kolaborasi antara BUMN dan berbagai pihak. Bazar ini adalah bentuk komitmen kami mendorong gaya hidup sehat serta memperkuat ekosistem UMKM di Indonesia," ujar Direktur Sumberdaya Manusia dan Umum PT Pelindo, Ihsanuddin Usman dalam keterangannya, Senin (24/6/2024).

Sebanyak 115 UMK binaan dari kelima BUMN berpartisipasi di acara ini. Mereka menampilkan produk-produk unggulan dengan konsep herbal dan alami, seperti makanan & minuman, fashion & kerajinan tangan ramah lingkungan, perawatan kesehatan & kecantikan, serta bumbu & rempah-rempah.

Bazar Herb Euphoria Fest diselenggarakan di Jakarta pada 20-23 Juni 2024 (Ground Floor Sarinah), dan di Bali pada 27-30 Juni 2024, di Living World Denpasar.

"Pelindo sendiri memfasilitasi 43 UMK binaan. Kami berharap, dengan berpartisipasi di Bazar Herb Euphoria Fest, mereka dapat memperluas akses pasar," tambah Ihsanuddin.

Selain pameran, Bazar Herb Euphoria Fest menawarkan berbagai kegiatan menarik seperti workshop Racik Jamu Khas Nusantara, game interaktif, konsultasi bisnis, dan pertunjukan musik dari artis-artis terkenal.

Selama 3 hari pameran, volume transaksi mencapai Rp. 145 juta, dengan jumlah pemesanan (PO) sebanyak 1.218 PO. Volume tertinggi diraih UMK Batik Kebon Indah.

Frekuensi transaksi terbanyak ditoreh Kelompok Tani Jeruk Lemon Gumelar Sejahtera. Kedua UMK tersebut merupakan binaan Adhi Karya. Sementara itu, UMK Kuntoem binaan Pelindo didapuk sebagai UMK Favorit.

"Bazar ini menegaskan peran konkret BUMN dalam upaya mendorong UMK naik kelas dan mempromosikan gaya hidup sehat. Melalui acara ini, UMK semakin dikenal masyarakat luas dan mampu bersaing di pasar yang lebih besar,” kata Ihsanuddin.

Sementara itu, Department Head Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo, Febrianto Zenny dalam sesi Penutupan Bazaar Minggu, 23 Juni 2024 menjelaskan, upaya peningkatan ekonomi melalui penguatan UMK menjadi fokus utama manajemen Pelindo, yang diimplementasikan melalui program TJSL.

"UMK merupakan salah satu pilar utama dalam memperkuat fondasi ekonomi. Oleh karena itu, Pelindo dan berbagai pihak terkait bekerja sama memberikan dukungan dan fasilitas yang diperlukan dalam pembinaan, pemasaran, dan pengembangan UMK baik melalui pelatihan, pameran maupun display pemasaran di Local Pride Spot," ujarnya.

Sejak tahun 2021, implementasi pelaksanaan program TJSL Pelindo difokuskan pada tiga bidang prioritas yaitu Pendidikan, Lingkungan dan Pengembangan UMK. Terkhusus Pengembangan UMK Pelindo telah membuat Program khusus untuk mendorong UMK Ekspor melalui Program Gedor Ekspor.

59