Home Gaya Hidup Lagi, UMT Indonesia Lakukan Tukar Budaya, Kali Ini SIMA Ballet Folkslorico Mexicano

Lagi, UMT Indonesia Lakukan Tukar Budaya, Kali Ini SIMA Ballet Folkslorico Mexicano

Tangerang, Gatra.com - Pertukaran budaya terus dilakukan Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) Indonesia. Kali ini UMT mengajak SIMA Ballet Folkslorico Mexicano yang berasal dari Meksiko.

Rektor UMT, Ahmad Amarullah mengatakan jika pihaknya akan terus melakukan hal serupa karena pertukaran budaya merupakan hal yang baik untuk mengenal antar negara. Apalagi Amarullah juga meyakini jika Meksiko juga punya budaya yang beragam.

“Tentu ini kedatangan untuk pertukaran budaya yang kesekian, dan kami tegaskan jika pertukaran ini selaras dengan internasionalisasi kampus kami. Maka, sudah tentu saya bangga kita bisa bertukar budaya dan saling mengenal,” ucap Amarullah dalam sambutannya di aula Jend. Sudirman, UMT, Tangerang, Selasa (25/6/2024).

Oleh karena itu, Amarullah mengaku semangat bila ke depan makin banyak dari negara lain yang mau melakukan pertukaran budaya dengan Indonesia khususnya UMT.

“Kami bisa paham budaya Meksiko dan bapak-ibu delegasi Meksiko juga bisa memahami budaya Indonesia. Ini kan sesuatu yang langka dan menarik,” ucapnya.

Dalam pertukaran budaya ini, UMT menampilkan Tari Lenggang Cisadane dan dari

SIMA Ballet Folkslorico Mexicano juga menunjukan tarian tradisional mereka.

Sementara itu, Founder SIMA Ballet Folkslorico Mexicano, secara singkat mengatakan bahwa ia bangga bisa bertukar budaya dengan Indonesia. “Saya senang berada di sini karena Indonesia terkenal dengan budayanya yang banyak dan beragam,” ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa pertukaran budaya ini merupakan sarana untuk bisa mengenal Indonesia lebih dalam lagi. “Kerja sama yang bagus ini saya harap bisa berlangsung hingga ke masa depan, saya sangat senang dan ini sangat baik untuk kita semua,” pungkasnya.

Usai penampilan, acara ditutup dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara UMT dengan SIMA Ballet Folkslorico Mexicano. Lalu kemudian dilanjutkan dengan Memorandum of Agreement (MoA) serta Implementation of Agreement (IA) antara SIMA Ballet Folkslorico Mexicano dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Lab Teater Cahaya UMT, beserta Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif (F-Parinkraf).

53