Home Kesehatan Indonesia Terima Hibah Bangunan Rp1 Triliun dari Jepang untuk Layanan Kesehatan Kardiovaskular

Indonesia Terima Hibah Bangunan Rp1 Triliun dari Jepang untuk Layanan Kesehatan Kardiovaskular

Jakarta, Gatra.com - Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPD Harapan Kita) menandatangani perjanjian formal dengan Tokushukai Medical Corporation mengenai hibah untuk pembangunan Gedung Harapan Kita-Tokushukai.

Gedung tersebut dirancang untuk menjadi fasilitas medis terdepan yang menyediakan layanan kardiovaskular terbaik di Indonesia dan Asia Pasifik. Nantinya, gedung terdiri dari 22; 20 lantai untuk layanan kesehatan; 1 lantai untuk ruang kontrol MEP (Mekanikal Elektrikal Plumbing); dan 1 lantai untuk fasilitas helipad.

Adapun, gedung tersebut direncanakan memiliki berbagai fasilitas canggih seperti ruang operasi, laboratorium kardiovaskular, ruang perawatan intensif, dan ruang rawat inap yang nyaman.

Hibah yang diberikan Tokushukai Medical Corporation berupa gedung ini senilai 10 miliar yen atau setara dengan Rp1 triliun. Diharapkan akan selesai dalam waktu dua tahun dan akan beroperasi secara luas untuk masyarakat pada 2027 mendatang.

“Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada Tokushukai Medical Corporation atas hibah yang sangat besar ini. Gedung Harapan Kita-Tokushukai akan menjadi tonggak penting dalam upaya kami untuk meningkatkan layanan kesehatan jantung dan pembuluh darah di Indonesia,” kata Direktur Utama RSJPD Harapan Kita, Iwan Dakota, di Jakarta, kemarin (26/6).

Lebih lanjut, Iwan optimis dengan adanya fasilitas atau bangunan baru ini, RSJPD Harapan Kita dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan inovatif kepada masyarakat.

Sementara itu, CEO Tokushukai Medical Group, Shinichi Higashiue, menyambut baik dan menyampaikan antusiasmenya terhadap kerja sama ini. Dirinya turut optimis fasilitas ini nantinya bisa memberikan manfaat bagi banyak orang.

“Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita. Kami percaya bahwa proyek ini akan membawa manfaat besar bagi banyak orang dan kami berkomitmen untuk terus mendukung peningkatan layanan kesehatan di Indonesia,” tuturnya.

Hadirnya Gedung Harapan Kita-Tokushukai yang dilengkapi dengan teknologi dan tenaga kesehatan bertaraf internasional, diharapkan dapat mengakomodasi kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat Indonesia, sehingga tidak perlu jauh-jauh berobat ke luar negeri.

Tak hanya berupa gedung, kerja sama antara RSJPD Harapan Kita dengan Tokushukai Medical Corporation juga mencakup program pelatihan dan penelitian bersama untuk meningkatkan kompetensi tenaga medis serta pengembangan teknologi medis terbaru.

178