Home Regional Baznas RI Salurkan Bantuan Z-Auto Usaha Bengkel Montor untuk 15 Montir di Jateng

Baznas RI Salurkan Bantuan Z-Auto Usaha Bengkel Montor untuk 15 Montir di Jateng

Semarang, Gatra.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI memberikan bantuan program Z-Auto kepada 15 montir untuk membuka usaha bengkel motor di Jawa Tengah.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Pendayagunaan dan Layanan UPZ dan CSR Baznas Eka Budhi Sulistyo, menyatakan, program Z-Auto merupakan pemberdayaan UMKM di bidang usaha bengkel motor yang akan dikelola para mustahik binaan Baznas.

“Kami bekerjasama dengan Baznas Provinsi Jawa Tengah untuk menyalurkan program Z-Auto, yang telah memberi manfaat kepada para mustahik di wilayah lain,” katanya pada penyerahan bantuan program Z-Auto di stand Baznas RI di pameran Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2024 di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang, Sabtu (29/6).

Menurut Eka, bantuan yang diberikan kepada para montir berupa modal usaha seperti peralatan bengkel motor, kompresor, baju seragam kerja, oli, spare part, dan pendukung lainnya yang dapat digunakan sebagai aktivitas kegiatan di Z-Auto.

Selain itu juga memberikan pelatihan dan pendampingan teknis secara berkala untuk memantau perkembangan usaha Z-Auto serta mengatasi kalau ada kendala yang dihadapi para montir untuk pengembangan usahanya.

“Dengan adanya pelatihan dan pendampingn ini agar montir Z-Auto dapat lebih memperkuat sertameningkatkan performa kerja mereka sehingga pendapatan bisa lancar,” kata Eka.

Sementara, Ketua Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas RI, Saidah Sakwan MA mengatakan, melakukan seleksi ketat para penerima manfaat program Z-Auto agar tepat sasaran dan jatuh di tangan orang yang berhak.

“Proses seleksi mustahik montir dilakukan masing-masing Baznas kabupaten dan kota untuk kemudian ditetapkan sebagai penerima bantuan,” katanya.

Saidah menambahkan Baznas akan mengawal dan mengevaluasi secara berkala perkembangan para penerima manfaat program Z-Auto. Nantinya juga akan membantu mengembangkan usaha para mustahik dengan berbagai cara, salah satunya menggandeng sejumlah perusahaan.

“Jangka waktu kegiatan kita akan melakukan pengecekan dan evaluasi selama satu tahun. Kalau berkembang akan kita tingkatkan kerja sama dengan beberapa perusahaan supaya nanti Z-Auto bisa terus berkembang serta bisa berafiliasi dengan perusahaan dalam konteks pengembangan dan pemeliharaan," ujarnya.

Selain Z-Auto, Baznas juga menghadirkan program-program unggulan di antaranya program Z-Chicken, Z-Coffee, dan Layanan Kesehatan Gratis Rumah Sehat Baznas.

8