Home Regional Sulestyo, Staf Pribadi Presiden Jokowi Didorong Maju Bupati Pati

Sulestyo, Staf Pribadi Presiden Jokowi Didorong Maju Bupati Pati

Pati, Gatra.com - Staf pribadi Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sulestyo Adi Utomo,  didorong masyarakat untuk meramaikan bursa calon bupati (Cabup) dalam Pilkada Pati 2024, Jawa Tengah. Alasannya, Bumi Mina Tani butuh sosok pemuda yang brilian membawa perubahan.

Praktisi Hukum, Slamet Widodo, mengatakan Pati memerlukan pemimpin muda yang memiliki background yang cakap di bidang birokrasi, matang akan seputar dunia kreatif, dan mumpuni teknologi.

"Sangat berharap ada pemimpin muda. Pembangunan tidak hanya bertitik tumpu pada hal yang sudah ada, tetapi pembangunan atau pemikiran berkelanjutan. Muda itu ibarat CPU yang bisa dimasuki banyak hal," ujarnya, Rabu (3/7).

Ia menilai, Sulestyo adalah warga Desa Sumbersari, Kecamatan Kayen, memiliki kompetensi untuk memajukan Pati dari berbagai sektor. Terlebih, sosok tersebut telah mendampingi Presiden Jokowi sebagai staf pribadi sejak periode pertama menjabat.

"Hadirnya Gen Z, milenial, ini untuk merefresh pola pikir yang agak kurang semangat di era sekarang itu cukup baik. Ini akan menimbulkan persaingan sehat demokrasi," tutur Slamet.

Diungkapkan, masyarakat Pati sudah lelah dengan gaya pemerintahan kolot. Sehingga munculnya wajah dan gagasan baru di kursi utama eksekutif sangat dinanti.

"Tokoh muda ini akan menjadi antitesa dengan bargening semangat muda, dengan rumusan-rumusan refresh pada Pilkada 2024. Dimana gagasan milenial dan gen Z, modernisasi masuk ke situ untuk memanage manajemen pemerintahan. Tidak pemerintahan yang itu-itu saja, sistem itu-itu saja, orangnya pun itu-itu saja," bebernya.

Menurutnya, semua kalangan menginginkan calon Bupati Pati yang memiliki program yang serius berpihak kepada rakyat. Bukan politisi yang pandai mengumbar janji.

"Berani memunculkan diri pada Pilkada yang bakal diwarnai tokoh-tokoh yang notabene cukup senior. Sangat bagus. Saya sendiri berharap itu, walaupun untuk menuju ke sana tidak perlu koar-koar yang penting kita lihat hasilnya aja," terangnya.

Sekali lagi Slamet menekankan, Sulestyo kudu kembali ke Bumi Mina Tani sebagai Cabup Pati. Agar Pati yang dulunya adalah pusat Keresidenan, bisa kembali jaya.

"Semangat anak muda adalah semangat yang berani mengambil keputusan dan berani akan suatu hal, sehingga menjadi jalan keluar yang lain," katanya.

Meski belum mendaftarkan diri ke sejumlah partai politik (Parpol), nama Sulestyo ternyata sudah nampang di situs Wikipedia Bakal Calon Bupati (Bacabup) Pati yang potensial, bertengger di antara politisi kawakan asal Pati.

Sementara ini, bursa Bacabup Pati baru diisi Saiful Arifin, Sudewo, Agus Sunarko, Wahyu Indriyanto-Suharyono, Wartoyo, dan Muh Zen. Tokoh-tokoh tersebut telah mengajukan rekomendasi ke beberapa Parpol. 

Dari sekian nama yang telah mendapatkan rekomendasi Cabup Pati hanya anggota DPR RI Sudewo, yang diusung Partai Nasdem.

2943