Home Politik Warga Cilegon Puas Kinerja Helldy Agustian

Warga Cilegon Puas Kinerja Helldy Agustian

Jakarta, Gatra.com – Direktur Eksekutif Lembaga Panel Survei Indonesia, Mahendra Zaini, mengatakan, mayoritas warga Kota Cilegon menyatakan puas atas kinerja Pemkot Cilegon yang dipimpin Helldy Agustian.

Mahendra dalam keterangan pada Rabu, (3/7), menyampaikan, angka kepuasan terhadap kinerja Pemkot Cilegon, yakni terkait pelayaan publik dan 10 program prioritas yang dipimpin Helldy mencapai 89,7%.

Ia menyampaikan, angka tersebut merupakan hasil survei terbaru yang dilakukan pihaknya pada 20–29 Juni 2024. Menurutnya, angka tersebut di atas kepemimpinan wali Kota Cilegon sebelumnya.

“Hasil survei penilaian masyarakat Kota Cilegon terhadap kinerja wali Kota Cilegon hasil survei menunjukkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemkot Cilegon di bawah kepemimpinan Wali Kota Helldy Agustian menembus 89,7%,” katanya.

Mahendra menjelaskan bahwa hasil temuan survei juga menunjukan jika hari ini dilakukan pemilihan wali Kota Cilegon dengan pada pertanyaan terbuka, maka secara Top of Mind pilihan dari 1.250 responden mayoritas memilih Helldy Agustian sebanyak 39,8%.

Selanjutnya Isro Mi'raj 17,1%, Ratu Ati Marliati 8,8%, Sanuji Pentamarta 7,2%, Alawi Mahmud 5,2%, Dede Rohana Putra 3,1%, dan Robinsar 2,2%. Namun, tingkat responden yang tidak menjawab atau tidak memilih terbilang tinggi, yakni 16,6%.

Tingkat Keterpilihan calon wali Kota Cilegon yang menjadi pilihan responden lebih lanjut dengan pertanyaan tertutup, dengan menyajikan sejumlah nama. Pada simulasi tiga nama dengan menyandingkan Helldy Agustian, Isro Mi'raj, dan Sanuji Pentamarta. maka nama wlWali Kota Cilegon Helldy Agustian masih mendapat tingkat elektabilitas tertinggi.

“Helldy Agustian sebesar 53,7%, Isro Mi'raj dengan elektabilitas 15,7%, dan Sanuji Pentamarta hanya di angka 8,9%, dan tidak memilih sebanyak 21,7 persen,” katanya.

Sedangkan simulasi dengan menyajikan empat nama tokoh bakal calon wali Kota Cilegon yang tertera dalam kertas kuisioner maka hasilnya Helldy Agustian tetap menjadi mayoritas pilihan masyarakat Kota Cilegon dengan tingkat keterpilihan 56,8%, kedua Isro Mi'raj 20.2%, Sanuji Pentamarta 10,2%, dan Dede Rohana Putra 2,7%. Adapun responden tidak memilih angkanya sebesar 10,1%.

Pengamat politik dari Citra Institute, Yusak Farchan, menilai bahwa unggulnya Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian di survei Panel Survei Indonesia karena sosoknya yang lebih dikenal masyarakat Cilegon sehingga elektabilitas tinggi di Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Cilegon 2024.

"Unggulnya Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian di survei Panel Survei Indonesia (PSI) karena sosoknya yang lebih dikenal masyarakat Cilegon, sehingga elektabilitas tinggi di Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Cilegon 2024,” kata Yusak.

239

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR