Home Regional Tindak Tegas Sparatis Papua, TNI Tembak Mati Kombatan Pemberontak

Tindak Tegas Sparatis Papua, TNI Tembak Mati Kombatan Pemberontak

Kabupaten Puncak, Gatra.com- Aparat  keamanan meningkatkan serangan terhadap kelompok sparatis Papua yang menamakan diri Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB), 4 Juli 2024. Serangan isepekan terakhir menyebabkan seorang pemberontak tewas. Baku tembak selama 50 menit, 29 Juni menyebabkan kombatan Tetan Murib tewas.

"Jasadnya telah di evakuasi Mayor Sisip Tabuni dan anggotanya dari Sinakin ke tempat pemakaman dan telah dimakamkan secara militer oleh pasukan TPNPB Kodap XVIII Kabupaten Puncak pada Senin, 1 Juli 2024," kata Sebby Sambom, jubir pemberontak.

Markas Pusat Komnas TPNPB melaporkan pada Kamis, 04 Juli 2024 bahwa pasukan TPNPB Kodap XVIII terlibat baku tembak yang terjadi selama 2 jam dengan aparat keamanan. "Militer Indonesia tak hanya menggunakan senjata, tetapi juga menggunakan drone yang di lengkapi bom mortir selama pertempuran terjadi," kata Sebby Sambom.

Dan dalam penyerangan udara dengan menggunakan Drone yang di lengkapi dengan Bom mortir tersebut, militer indonesia telah menjatuhkan bom di pemukiman warga dan salah sasaran hingga mengakibatkan seorang warga sipil atas nama Yangigik Kulua mengalami luka berat di bagian rusuk akibat terkena ledakan Bom mortir yang telah dilepaskan dari Drone yang dikendalikan oleh aparat militer indonesia.

Laporan yang diterima langsung dari lapangan, pasukan TPNPB Kodap XVIII mengatakan bahwa sejak hari Rabu, 03 Juli 2024 sekitar pukul 07:00 pagi telah terjadi pendropan pasukan militer indonesia dari Timika ke Agandugume, Kabupaten Puncak dengan menggunakan tiga unit helikopter militer yang difasilitasi oleh logistik perang ke wilayah operasi TPNPB Kodap XVIII Puncak Papua.

403

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR