Home Info Beacukai Jaga Sinergi, Bea Cukai Terima Kunjungan Kerja dari Berbagai Instansi

Jaga Sinergi, Bea Cukai Terima Kunjungan Kerja dari Berbagai Instansi

Jakarta, Gatra.com – Bea Cukai, melalui Bea Cukai Tanjung Balai Karimun dan Kantor Wilayah (Kanwil) Bali Nusra, menerima kunjungan kerja dalam rangka meningkatkan sinergisitas dan menjaga optimalisasi pelayanan di lapangan.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar, mengungkapkan pentingnya menjaga hubungan baik dengan para pemangku kepentingan (stakeholder). 

“Kunjungan kerja yang dilaksanakan antarinstansi ini membawa pengaruh penting untuk memperkuat hubungan dan kolaborasi demi tercipta kinerja yang optimal,” ujarnya.

Dalam rangka menjaga hubungan baik antarinstansi kepabeanan, Bea Cukai Tanjung Balai Karimun menerima kunjungan kerja dari Jabatan Kastam Diraja Malaysia (Otoritas Kepabeanan Malaysia). Kunjungan kerja berlangsung selama tiga hari ini dimulai pada Senin, 1 Juli 2024, dan berakhir pada Rabu, 3 Juli 2024. 

Kegiatan yang dilaksanakan meliputi pemaparan materi oleh Jabatan Kastam Diraja Malaysia, office tour ke Pangkalan Sarana Operasi Bea Cukai Tanjung Balai Karimun, dan sesi olahraga bersama.

Sementara itu, di Badung, Kepala Kanwil Bea Cukai Bali Nusra, Susila Brata, mendampingi kunjungan lapangan dari Ombudsman Republik Indonesia (RI) di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada Jumat (21/6). Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan bahwa penyelenggaraan pelayanan publik di bandara telah sesuai dengan standar dan ketentuan yang berlaku.

Dalam kesempatan ini, Ombudsman RI melaksanakan pengawasan khusus atas pelayanan Bea Cukai pada terminal kedatangan, dimulai dari lokasi pengambilan bagasi penumpang, scan E-CD (Electronic Customs Declaration), penjaluran penumpang, hingga pemeriksaan barang melalui x-ray dan fisik bagasi. Kemudian dilanjutkan dengan kunjungan pada lokasi pemeriksaan barang kiriman yang berlokasi di gudang perusahaan jasa titipan.  

Setelah melaksanakan kunjungan lapangan, Ombudsman RI melanjutkan diskusi bersama Bea Cukai beserta Kantor Pos Denpasar dan DHL Express Wilayah Bali selaku Perusahaan Jasa Titipan. Pada diskusi ini, Ombudsman RI menyampaikan bahwa pelayanan Bea Cukai berjalan bersama dengan tugas pengawasan sebagai garda terdepan untuk menjaga masuknya barang-barang yang masuk ke wilayah Negara Republik Indonesia. 

Perusahaan jasa titipan juga menyampaikan apresiasi atas komunikasi dan koordinasi yang terus dilakukan oleh Bea Cukai untuk menyelaraskan persepsi atas peraturan dari kementerian atau lembaga lain yang mengatur terkait regulasi impor dan ekspor barang. 

“Kunjungan lapangan yang dilaksanakan Ombudsman RI ini diharapkan dapat meningkatkan reputasi pelayanan publik di bandara Ngurah Rai, dan khususnya meningkatkan kinerja pelayanan dan pengawasan Bea Cukai,” pungkas Encep.

Situs web:                  www.beacukai.go.id
Facebook:                 https://www.facebook.com/beacukairi/
Twitter:                 https://twitter.com/beacukaiRI
Instagram:                 https://www.instagram.com/beacukaiRI/
Youtube :                 https://www.youtube.com/beacukaiRI