Home Info Beacukai Jaga Komunikasi dan Sinergi Pelaku Usaha, Dua Kantor Bea Cukai Ini Laksanakan CVC

Jaga Komunikasi dan Sinergi Pelaku Usaha, Dua Kantor Bea Cukai Ini Laksanakan CVC

Jakarta, Gatra.com - Untuk menjaga komunikasi dan mempererat sinergi dengan para pengguna jasanya, Bea Cukai, melalui unit-unit vertikalnya di berbagai daerah secara aktif melaksanakan kegiatan customs visit customer (CVC). 

"Di bulan Juni 2024, dua kantor Bea Cukai, yakni Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Bali, NTB, dan NTT (Bali Nusra) dan Bea Cukai Bekasi mengunjungi para pelaku usaha untuk mendiskusikan fasilitas kepabeanan dan mendengar berbagai masukan para pelaku usaha terkait pelayanan dan pengawasan yang diberikan Bea Cukai," ungkap Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar.

Disebutkan Encep, Kanwil Bea Cukai Bali Nusra, berkolaborasi dengan Kemenkeu Satu Provinsi Bali, menggelar CVC dengan mengunjungi CV Partha Jaya dan CV Natural Bali Kulkul pada tanggal 25 Juni 2024. CV Partha Jaya merupakan industri minuman beralkohol yang berkolaborasi dengan petani pohon kelapa, pohon palem, beras, dan tanaman salak yang memberikan hasil panennya untuk diolah menjadi arak. 

Sementara itu, CV Natural Bali Kulkul merupakan pelaku usaha lokal yang memperkenalkan produk garam laut lokal Bali yang dibuat secara alami dengan pengeringan perlahan menggunakan tenaga matahari.

"Kunjungan tersebut sejalan dengan tugas dan fungsi Bea Cukai, yaitu memfasilitasi perdagangan dan industri dalam hal ini penggalian potensi ekspor. Terdapat fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor untuk industri kecil dan menengah (KITE IKM) dengan kemudahan dalam proses kepabeanan dan cukai berupa fasilitas pembebasan bea masuk dan PPN Impor untuk bahan baku, mesin, dan barang contoh. Melalui CVC ini juga, Kanwil Bea Cukai Bali Nusra berkesempatan mendengar berbagai masukan dua perusahaan tersebut," jelas Encep.

Kegiatan CVC juga dilaksanakan oleh Bea Cukai Bekasi dengan mengunjungi PT Hankook Tire Indonesia pada tanggal 26 Juni 2024. Perusahaan tersebut merupakan salah satu penerima fasilitas kawasan berikat mandiri, yang memungkinkan perusahaan dapat melakukan berbagai tugas seperti pengecekan sarana pengangkut, pemantauan pelaksanaan stripping, dan pengeluaran barang tanpa melibatkan petugas Bea Cukai. 

Perusahaan ini memperoleh ranking tujuh dunia dalam penjualan ban yang memiliki kapasitas produksi hingga 97juta unit ban. Tidak hanya itu, produk ban PT Hankook Tire Indonesia telah banyak merambah pasar global dengan tidak kurang dari 160 negara menjadi pasar penjualan ban hasil produksinya.

"Kami berharap, melalui CVC sinergi antara Bea Cukai Bekasi dengan pengguna jasanya akan semakin erat. Di samping itu, CVC juga merupakan salah satu bentuk asistensi kepada pengguna jasa serta upaya pengawasan untuk meningkatkan kepatuhan," tambah Encep.

Pada pelaksanaan CVC oleh Bea Cukai Bekasi, Kuasa Direksi PT Hankook Tire Indonesia, Jo Yong Seok mengungkapkan apresiasinya atas fasilitas kepabeanan yang telah diberikan oleh Bea Cukai. Fasilitas tersebut diakuinya memudahkan PT Hankook Tire Indonesia dalam menjalankan kegiatan produksi. 

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan serta kemudahan yang diberikan oleh Bea Cukai melalui fasilitas kepabeanan. Hal tersebut sangat memudahkan PT Hankook dalam menjalankan proses bisnis," ujarnya.

Situs web:                  www.beacukai.go.id
Facebook:                 https://www.facebook.com/beacukairi/
Twitter:                 https://twitter.com/beacukaiRI
Instagram:                 https://www.instagram.com/beacukaiRI/
Youtube :                 https://www.youtube.com/beacukaiRI