Home Pendidikan Ribuan Kuota Siswa Belum Terpenuhi, Dewan Panggil Disdik Kota Jambi

Ribuan Kuota Siswa Belum Terpenuhi, Dewan Panggil Disdik Kota Jambi

Jambi,Gatra.com - Komisi IV DPRD Kota Jambi menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dinas Pendidikan (Disdik) dan Sekda Kota Jambi terkait laporan penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Dari RDP ini di ketahui bahwa masih ada 1.628 kuota calon peserta didik baru belum terpenuhi di Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Kota Jambi.

"Semua berjalan lancar, hanya saja masih banyak sekolah yang kekurangan siswa, artinya daya tampung lebih besar dari yang mendaftar," kata Ketua Komisi IV DPRD Kota Jambi, H. Jefrizen, kepada Gatra.com.

Jefri melanjutkan, selain itu ada juga kesalahan administrasi sehingga siswa tidak bisa terdaftar. "Sebenarnya masih banyak yang mendaftar, namun karena tidak bisa daftar secara online mereka jadi tidak terdaftar di sekolah manapun, hal ini yang perlu kita sikapi bagaimana solusinya agar mengisi kekosongan sekolah yang kekurangan siswa ini," ujarnya.

"Kami meminta agar anak-anak yang tidak terjaring ini dapat di akomodir dari sekolah yang masih kekurangan siswa itu," sambungnya.

Sementara itu, Sekda Kota Jambi, A. Ridwan mengakui memang sebaran siswa belum merata untuk PPDB saat ini.

"Banyak sebaran siswa belum merata, jadi inginnya kita jangan tertumpu di satu sekolah saja. Di kota ini banyak pilihan sekolah, ada negeri dan swasta," kata Ridwan.

Ridwan menampik pihaknya tidak mengakomodir aspirasi dari DPRD terkait PPDB, menurutnya, pihaknya memiliki tahapan seleksi PPDB.

"Bukan tidak diakomodir, tapi kita memiliki tahapan untuk seleksi, ada radiusnya, jumlahnya, jumlah lokal, ketersedian bangku. Dan dalam satu wilayah itu ada SMP lain dalam radius zonasi, ini yang kita cari solusinya," ucap dia.

12

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR