Home Internasional Sekutu NATO Mulai Kirim Jet F-16 ke Ukraina

Sekutu NATO Mulai Kirim Jet F-16 ke Ukraina

Washington, D.C, Gatra.com - Sekutu NATO mengumumkan bahwa mereka telah mulai mengirim jet tempur F-16 ke Ukraina. Sebuah langkah yang telah lama ditunggu untuk memperkuat pertahanan Kyiv terhadap Rusia.

“Denmark dan Belanda telah mulai mentransfer pesawat, dengan Belgia dan Norwegia berkomitmen untuk menyediakan pesawat lebih lanjut,” kata pernyataan Gedung Putih, dikutip AFP, Rabu (10/7).

"Saat kita berbicara, transfer jet F-16 sedang berlangsung, datang dari Denmark, datang dari Belanda," kata Menteri Luar Negeri Antony Blinken, pada pertemuan puncak peringatan 75 tahun NATO di Washington.

“Jet-jet itu akan terbang di langit Ukraina musim panas ini untuk memastikan bahwa Ukraina dapat terus mempertahankan diri secara efektif terhadap agresi Rusia,” katanya. 

Ukraina telah lama menginginkan pesawat canggih dari Barat dan Presiden Joe Biden Agustus lalu memberikan lampu hijau untuk mentransfer F-16 buatan Amerika ke negara itu, meskipun sebelumnya ada kekhawatiran tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan Kyiv untuk berlatih menggunakan pesawat itu.

Blinken mengatakan transfer jet-jet itu seharusnya menjadi sinyal bagi Presiden Rusia Vladimir Putin.

“Itu memusatkan pikiran Vladimir Putin pada fakta bahwa dia tidak akan bertahan lebih lama dari Ukraina, dia tidak akan bertahan lebih lama dari kita dan, jika dia terus bertahan, kerusakan yang akan terus terjadi pada Rusia dan kepentingannya hanya akan semakin dalam,” kata Blinken.

“Cara tercepat untuk mencapai perdamaian adalah melalui Ukraina yang kuat,” tambah diplomat tinggi Amerika itu.

56