Home Ekonomi Progres Pembangunan Istana Negara di IKN Capai 82%

Progres Pembangunan Istana Negara di IKN Capai 82%

Jakarta, Gatra.com - Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN), Imam Santoso Ernawi mengungkapkan bahwa progres pembangunan istana negara di IKN mencapai 82,73% per 4 Juli 2024. Sedangkan, untuk kantor Presiden mencapai 88,54%.

“Inilah yang kita prioritaskan fungsional untuk kesiapan 17 Agustus. Rencananya kita bisa melihat bahwa pertama istana negara, istana negara itu nanti akhir Juli itu yang saya sebut tadi sebagian besar ruangannya, itu akan fungsional,” kata Imam dalam Konferensi pers Kesiapan Infrastruktur PUPR Menjelang Pelaksanaan Upacara Bendera HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN, pada Kamis (11/7).

Kemudian, progres pembangunan lainnya di Kawasan Istana Presiden di IKN yakni Sekretariat Presiden dan Bangunan Pendukung sudah mencapai 92,31%. Gedung Kementerian Koordinator 1 realisasinya sudah mencapai 78,90%.

Baca juga: Satgas IKN Pastikan Lapangan Upacara HUT 17 Agustus Sudah Rampung 100%

Pembangunan Kementerian Koordinator 2 realisasi mencapai 38,28%, Kementerian Koordinator 3 realisasi 85,88% dan Kementerian Koordinator 4 realisasinya mencapai 88,22%.

Untuk diketahui, Pemerintah terus berkomitmen dalam menyiapkan berbagai sarana dan prasarana untuk pelaksanaan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, di ibu kota baru Nusantara. Salah satu aspek utama yang menjadi perhatian adalah kesiapan lapangan upacara yang pembangunannya ditargetkan selesai dalam waktu dekat.

Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Imam Santoso Ernawi dalam konferensi pers daring di Jakarta, Kamis (11/7/2024). (Tangkapan layer/ ANTARA/Aji Cakti)
Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Imam Santoso Ernawi dalam konferensi pers daring di Jakarta, Kamis (11/7/2024). (Tangkapan layer/ ANTARA/Aji Cakti)

Pembangunan lapangan upacara yang merupakan pusat dari perayaan HUT Kemerdekaan telah memasuki tahap akhir. Pemerintah terus mempercepat pembangunan untuk memastikan bahwa seluruh fasilitas dan infrastruktur pendukung dapat siap mendukung terlaksananya upacara di Nusantara.

Baca juga: PTPP Optimis Istana Negara IKN Bisa Digunakan di Upacara 17 Agustus 2024

“Pemerintah di bawah koordinasi Kementerian PUPR berupaya semaksimal mungkin untuk menyelesaikan seluruh persiapan Upacara Kemerdekaan dengan baik. Tahap finalisasi pembangunan gedung Istana Negara dan Lapangan Upacara pada Kawasan Istana Kepresidenan di IKN, tengah dilakukan untuk memastikan infrastruktur siap digunakan,” ujar Plt. Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Raja Juli Antoni, dalam keterangan resmi pada Rabu (10/7).

Dengan realisasi pembangunan lapangan upacara yang baik tersebut, ia optimis Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Nusantara yang merupakan momen bersejarah dapat terlaksana dengan lancar.“ Kami optimis proyek ini dapat siap dan dengan kualitas yang baik,” ujarnya.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemenkominfo, Septriana Tangkary berharap dapat  terus membangun sinergi dan kolaborasi antarkementerian dan lembaga untuk memberikan informasi yang cepat, akurat, objektif, kepada seluruh masyarakat Indonesia. “Kami berharap dapat  terus membangun sinergi dan kolaborasi untukmeningkatkan kepercayaan publik terhadap komitmen Pemerintah terkait pembangunan IKN,” pungkasnya. 

52