Home Kebencanaan Kapal Nelayan Rembang Karam di Perairan Karimunjawa, 7 ABK Hilang

Kapal Nelayan Rembang Karam di Perairan Karimunjawa, 7 ABK Hilang

Jepara, Gatra.com - Kapal nelayan KM Soneta asal Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, tenggelam di Perairan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Kamis (11/7). Sebanyak tujuh anak buah kapal (ABK) hilang dan masih dalam pencarian.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang, Budiono, mengatakan KM Soneta berpenumpang total 16 awak. Musibah itu terjadi pada jam 13.00 WIB.

"Kami terima informasi dari pemilik kapal bahwa KM Soneta tenggelam di utara Karimunjawa beserta 16 ABK-nya. Saat ini kami sudah mengirimkan tim dari KN SAR Sadewa untuk melakukan pencarian," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (12/7).

Diketahui, kapal asal kabupaten berjuluk Kota Garam berangkat melaut pada tanggal 6 Juli 2024 untuk mencari ikan di Perairan Utara Jawa. Namun saat berada di Perairan Karimunjawa, kapal yang memiliki belasan awak tersebut karam.

Disebutkan, sembilan ABK KM Soneta berhasil diselamatkan saat terombang-ambing di tengah samudra oleh kapal nelayan lain yakni KM Bintang Barokah asal Tegal yang kebetulan melintas.

"Sedangkan tujuh ABK lainnya belum diketahui keberadaannya. Tim tadi sudah melakukan pencarian ke arah barat dan timur dari TKP sejauh 4 nautical mile, tetapi belum membuahkan hasil. Sementara malam ini kapal sandar di pelabuhan Karimunjawa dan akan melanjutkan pencarian esok hari," sebutnya.

"Belum diketahui penyebab tenggelamnya kapal karena ABK yang selamat belum bisa dimintai keterangan karena masih perjalanan ke Pelabuhan Tegal. Rencananya besok pencarian akan diperlebar lagi hingga 6 nautikal mil dari LKP," ungkapnya.

Adapun data nama ke 16 ABK tersebut adalah Yang sudah diketemukan:

1. Khamim

2. Nur Cholis

3. Sumardi

4. Sulaimin

5. Andik

6. Derman

7. Jaidi

8. Muntari

9. Damuri

Data korban yang masih dalam pencarian:

1. Sujadi

2. Darkim

3. Kismun

4. Nur Nawawi

5. Sarju

6. Sugiono

7. Sunardi

Ditambahkan, relawan dari sejumlah instansi dan organisasi mulai terjun untuk bergabung dalam pencarian ABK yang hilang.

"Saat ini telah bergabung dengan kami dari Lanal, Polair, SROP Semarang, Rembang, Jepara dan Karimunjawa. Untuk ombak sendiri berkisar antara 1 sampai dengan 1,5 meter. Semoga besok ombak cukup landai dan usaha tim SAR gabungan membuahkan hasil," pungkasnya.***

74

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR