Home Kebencanaan Sambut International Fire Fighters Day 2024, Direksi KPI Gaungkan Literasi Pemadam Kebakaran

Sambut International Fire Fighters Day 2024, Direksi KPI Gaungkan Literasi Pemadam Kebakaran

Jakarta, Gatra.com – Komitmen PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) dalam menyambut International Fire Fighters Day 2024 ditunjukkan melalui milestones nyata di bidang HSSE. Setelah sukses pecahkan rekor MURI melalui pemadaman titik api oleh 1596 petugas di seluruh Indonesia beberapa hari yang lalu, KPI terus menggaungkan edukasi dan literasi pemadam kebakaran bagi insan Pertamina melalui gelaran tahunan “Fun Fire Combat” yang dilaksanakan di area Kantor Pusat Pertamina, Jakarta.

Direktur Utama KPI, Taufik Aditiyawarman hadir langsung menegaskan pentingnya literasi pemadam kebakaran dimiliki oleh seluruh insan KPI, mulai dari pekerja hingga direksi. Hal ini terkait dengan karakteristik industri kilang dan petrokimia tergolong ke dalam kategori high risk. Meskipun demikian, melalui pengelolaan Environmental, Social, and Governance (ESG) yang baik, KPI mampu didapuk sebagai organisasi dengan kategori medium risk.

Corporate Secretary KPI, Hermansyah Y Nasroen mengamini pernyataan Taufik Aditiyawarman bahwa HSSE merupakan pilar bisnis utama KPI.

“Budaya HSSE ini sudah diejawantahkan dalam pilar bisnis dan kebijakan sustainability kami. Tentunya untuk meningkatkan partisipasi stakeholder internal maupun eksternal, KPI terus hadirkan inovasi termasuk melalui konsep Fun Fire Combat. Hari ini ratusan perwira bisa bertanding melakukan simulasi langsung cara melakukan simulasi pemadam kebakaran dengan teknik yang benar,” jelas Hermansyah.

Lebih lanjut Hermansyah menjelaskan bahwa manajemen HSSE sendiri selalu dilaksanakan berdampingan dengan pengelolaan ESG.

"Alhamdulillah outcome-nya memuaskan, berdasarkan penilaian Sustainalytics tahun lalu KPI berhasil mengungguli peer-group companies di industri yang sama. Tahun ini, KPI akan kembali mempersiapkan performa yang terbaik,” kata Hermansyah.

Hadirkan Fun Fire Combat

Program-program HSSE KPI senantiasa dirancang dengan penuh inovasi. Tahun ini, para perwira KPI berkolaborasi untuk melakukan simulasi pemadam kebakaran dengan menggunakan perangkat APAR (Alat Pemadam Kebakaran) serta penggunaan selang pemadam bertekanan tinggi yang disediakan.

"Dukungan dari Direksi Pertamina tidak hanya memberikan motivasi, bahkan Direktur Keuangan KPI juga turut menjadi salah satu peserta dalam perlombaan. Beliau turut serta mengikuti rintangan dan tantangan yang harus dihadapi oleh masing-masing tim," ujar Hermansyah.

Melalui kegiatan ini, KPI kata Hermansyah terus mendorong kesadaran para perwira akan pentingnya pencegahan dan penanggulangan dan edukasi pemadaman kebakaran secara konvensional, khususnya yang terjadi di lingkungan perumahan.

“Walaupun dikemas fun, kami tegaskan perhatian kami terhadap faktor HSSE sangat serius dan tahapan lomba tadi dinilai dengan memperhatikan kompetensi setiap pesertanya. Bagi para peserta terbaik akan mendapatkan apresiasi pada puncak acara di Fire Fighters Summit,” tutup Hermansyah.

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) merupakan anak perusahaan Pertamina yang menjalankan bisnis utama pengolahan minyak dan petrokimia sesuai dengan prinsip ESG (Environment, Social & Governance). KPI juga telah terdaftar dalam United Nations Global Compact (UNGC) dan berkomitmen pada Sepuluh Prinsip Universal atau Ten Principles dari UNGC dalam strategi operasional sebagai bagian dari penerapan aspek ESG. KPI akan terus menjalankan bisnisnya secara professional untuk mewujudkan visinya menjadi Perusahaan Kilang Minyak dan Petrokimia berkelas dunia yang berwawasan lingkungan, bertanggung jawab sosial serta memiliki tata Kelola perusahaan yang baik

40