Home Regional Program Untung Empat Kali Lipat, Bayar Pajak Ranmor Bisa Dapat Diskon Hingga 50%

Program Untung Empat Kali Lipat, Bayar Pajak Ranmor Bisa Dapat Diskon Hingga 50%

Purworejo, Gatra.com - Unit Pengelolaan Pendapatan Daerah (UPPD) Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah,,memberikan keringanan atau diskon bagi para Wajib Pajak (WP) pemilik kendaraan bermotor (ranmor). Program spesial ini sesuai dengan Pergub Nomor 10 Tahun 2024 tentang Pemberian Keringanan.

Kepala UPPD Kabupaten Purworejo, Moch Sri Hartono menyampaikan bahwa, program  ini bernama 'Untung Empat Kali Lipat'. Karena ada empat program keringanan yang diberikan oleh Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) Jawa Tengah.

"Ada empat program keringanan bagi pemilik kendaraan bermotor. Keringanan pertama, bebas biaya balik nama kedua (kendaraan yang dibeli keadaan second) baik dari luar maupun dalam Provinsi Jawa Tengah. Program kedua adalah, pembebasan biaya pajak progresif atas kepemilikan kendaraab dengan nama dan alamat yang sama," terang Moch Dri Hartono di kantornya, Selasa (16/07/224).

Program ketiga, lanjut Sri Hartono, adalah program keringanan atas kepatuhan pajak ranmor. Wajib Pajak yang mrmbayar pajaknya sebelum atua saat jatuh tempo mendapat potongan atau diskon (dari pokok pajak) sebanyak 5% untuk roda 2 dan 2,5% untuk roda 4.

Program keempat adalah keringanan atau diskon atas tunggakan pajak ranmor yang jatuh temponya terlambat lebih dari satu tahun (1-5 tahun). Besarnya (hanya membayar) sesuai dengan jumlah pajak di tahun ke-5 sebesar 50% dari pokok denda (jatuh tempo tahun 2019).

Sedangkan untuk yang menunggak sejak tahun 2020, mendapat potingan 40%. Untuk ranmor yang menunggak sejak tahun 2021 memperoleh diskon 30%, tahun 2022 diwkon 20% dan tahun 2023 diskon 10%.

"Program spesial Samsat Jateng 'Untung Empat Kali Lipat' berlangsung mulai 20 Mei hingga 19 Desember 2024 untuk program pertama hingga ketiga. Sedangkan program keempatakan berakhir pada 30 Agustus 2204," ungkap Sri Hartono.

Dia mengimbau agar masyarakat memanfaatkan program 'Untung Empat Kali Lipat' ini. Karema belum tentu tahun depan Damsat Jatrng akan membuat program spesial seperti ini lagi.

51

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR