Home Ekonomi BI Sebut Ketahanan Sistem Keuangan RI per Kuartal II-2024 Terjaga Baik

BI Sebut Ketahanan Sistem Keuangan RI per Kuartal II-2024 Terjaga Baik

Jakarta, Gatra.com - Bank Indonesia (BI) mengungkapkan bahwa, ketahanan sistem keuangan Indonesia per kuartal II-2024 terjaga baik. Hal tersebut tercermin dengan likuiditas perbankan kuartal II-2024 tetap memadai dengan rasio Alat Likuid terhadap Dana Pihak Ketiga (AL/DPK) masih tercatat tinggi sebesar 25,36%

“Risiko kredit bermasalah perbankan (Non-Performing Loan/NPL) pada Mei 2024 juga rendah, sebesar 2,34% (bruto) dan 0,79% (neto),” kata Gubernur BI, Perry Warjiyo dalam konferensi pers, Rabu (17/7).

Menurut Perry, ketahanan sistem keuangan yang kuat ditopang oleh perbankan yang tetap pruden dalam penyaluran kredit/pembiayaan dan memitigasi risiko kredit, termasuk risiko dari berakhirnya stimulus restrukturisasi kredit untuk penanganan pandemi Covid-19

Ketahanan tersebut didukung oleh tingginya rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) perbankan sebesar 26,14% dan tingginya rasio Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN) kredit terhadap total kredit bermasalah bank.

Ketahanan perbankan juga ditopang oleh kemampuan membayar korporasi dan rumah tangga yang tetap kuat, sebagaimana hasil stress test perbankan terkini.

Ke depan, kata Perry, BI akan terus memperkuat sinergi kebijakan bersama KSSK dalam memitigasi berbagai risiko yang berpotensi mengganggu stabilitas sistem keuangan.

17