Home Regional Jabar Digital Academy Lahirkan Ratusan Talenta Digital

Jabar Digital Academy Lahirkan Ratusan Talenta Digital

Bandung, Gatra.com - Graduation Jabar Digital Academy (JDA) 2024 resmi dilangsungkan di Gedung Sate, Bandung pada Kamis (18/7). Tercatat sebanyak 517 peserta pelatihan digital marketing dan programming berhasil menyelesaikan pelatihan intensif JDA 2024 yang dimulai sejak Maret 2024.

Dari jumlah tersebut, 12 lulusan terbaik dan 10 kelompok proyek akhir terbaik menerima piagam penghargaan dari Gubernur Jawa Barat yang diwakili oleh Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Barat, Ika Mardiah.

“Jabar Digital Academy adalah salah satu inisiatif strategis yang mendukung visi Jawa Barat sebagai Provinsi Digital. Melalui program ini, kita membekali talenta di Jawa Barat dengan keterampilan yang relevan di era industri 4.0," ujar Ika, dalam sambutannya di Gedung Sate, Bandung pada Kamis (18/7).

Baca juga: Indonesia Gunakan Model Ini Sebagai Metode Pengendalian Konten di Ruang Digital

Ika berharap para lulusan dapat berkontribusi nyata dalam berbagai sektor, baik pemerintahan, industri, maupun kewirausahaan. “Jadilah agen perubahan yang mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan daya saing daerah”, tambahnya. 

Ika juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh mitra JDA, termasuk Lintasarta dan Amazon Web Services, mitra edukasi, serta perangkat daerah yang telah menyukseskan program JDA. “Kolaborasi yang kuat antara sektor swasta, pendidikan, dan pemerintah ini telah menjadi kunci keberhasilan program," jelas Ika.

Diketahui, JDA merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Lintasarta Peduli Negeri yang mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui teknologi digital.

Director & Chief Commercial Officer Lintasarta Fitrah Muhammad menyatakan, Lintasarta berkomitmen penuh mendukung pengembangan talenta digital di Jawa Barat melalui kolaborasi dalam pelaksanaan program JDA 2024.

“Kami siap untuk mendukung kembali pelaksanaan program berikutnya, Jabar Digital Academy di 2025. Kedepan, Lintasarta mengusulkan untuk menghadirkan kurikulum dan materi pembelajaran terkait dengan Artificial Intelligence(AI) serta soft skill yang berkaitan dengan leadership dan empathy mengikuti perkembangan teknologi dan bisnis yang begitu cepat,” ujar Fitrah dalam sambutannya.

​​​​​​Baca juga: Hari Anak Nasional, Menteri PPPA Wanti-Wanti Soal Kecerdasan Digital Anak

Kepala UPTD PLDDIG (Jabar Digital Service) Rizki Hustiniasari menyampaikan bahwa lebih dari 15.000 orang telah mendaftar di pelatihan JDA, dengan lebih dari 12.000 di antaranya belum pernah mengikuti pelatihan digital sebelumnya. "Ini menunjukkan bahwa Jabar Digital Academy telah membuka akses kepada masyarakat untuk meraih pengetahuan dan keterampilan baru di era digital," ujarnya.

Jabar Digital Academy diikuti oleh peserta dari berbagai latar belakang, termasuk lulusan SMA dan SMK, mahasiswa, fresh graduates, pelaku BUMDes dan UMKM, penyandang disabilitas, hingga para profesional yang ingin beralih karier.

Acara Graduation Jabar Digital Academy juga menampilkan pameran proyek teknologi karya para peserta. Para lulusan menunjukkan hasil karya mereka yang inovatif, mulai dari website sistem informasi dan surat menyurat untuk pemerintah desa hingga rencana bisnis untuk UMKM.

42

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR