Home Ekonomi Konsisten Dukung UMKM, Sampoerna Raih Penghargaan Pemkab Karawang

Konsisten Dukung UMKM, Sampoerna Raih Penghargaan Pemkab Karawang

Jakarta, Gatra.com – Bupati Karawang, Aep Syaefulloh, mengatakan, pihaknya memberikan penghargaan kepada PT HM Sampoerna Tbk. atas kiprahnya mendukung para pelaku UMKM di wilayah Karawang.

“Dengan adanya dukungan Sampoerna di Kabupaten Karawang, kami harapkan produk-produk lokal semakin banyak terserap hingga mampu menjadikan mereka semakin naik kelas,” katanya dalam keterangan diterima pada Kamis, (18/7).

Pemkab Karawang memberikan penghargaan kepada Sampoerna karena melakukan pemberdayaan UMKM melalui Sampoerna Entrepreneurship Training Center dan Sampoerna Retail Community (SETC-SRC) dalam program keberlanjutan “Sampoerna untuk Indonesia”.

Kepala Urusan Eksternal Sampoerna, Arief Triastika, mengatakan, penghargaan dari Pemkab Karawang memicu pihaknya untuk terus mendukung tumbuh kembang UMKM Indonesia, termasuk di Karawang. UMKM merupakan salah satu penggerak roda ekonomi nasional.

“Melalui payung Program Keberlanjutan ‘Sampoerna untuk Indonesia’, kami senantiasa mendukung sektor UMKM untuk terus bertumbuh sebagai salah satu penggerak utama perekonomian nasional,” katanya.

Arief mengungkapkan, Pemkab Karawang memberikan penghargaan tersebut pada Hari Koperasi ke-77 Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) pada akhir pekan kemarin.

Pada Hari Koperasi ke-77 tersebut, SETC-SRC menjajakan berbagai produk lokal unggulan Kabupaten Karawang dalam Bazar UMKM. Pihaknya juga memberikan bingkisan berisi produk-produk unggulan dari UMKM binaan kepada 500 peserta.

Sementara itu, PJ Gubernur Jabar, Bey Machmudin, dalam acara tersebut, menyampaikan selamat Hari Koperasi ke-77 kepada seluruh insan perkoperasian di Indonesia, khususnya yang ada di Jabar.

Bey mengatakan, peringatan Hari Koperasis merefleksikan peran koperasi yang semakin strategis untuk mempercepat ikhtiar bangsa Indonesia keluar dari middle income trap.

“Di sinilah peran koperasi sangat penting guna melengkapi ekosistem usaha rakyat agar dapat tumbuh dari usaha mikro ke usaha kecil dan usaha kecil ke usaha menengah,” ujarnya.

Dalam Bazar UMKM Pemkab Karawang tersebut, Bey sempat mengunjungi gerai SETC-SRC dan berbincang dengan para pelaku usaha yang termasuk dalam binaan SETC dan SRC.

41