Home Internasional Pesawat Jatuh saat Lepas Landas di Nepal, 19 Penumpang Tewas Pilot Selamat

Pesawat Jatuh saat Lepas Landas di Nepal, 19 Penumpang Tewas Pilot Selamat

Kathmandu, Gatra.com - Sebuah pesawat domestik dengan 19 orang penumpang di dalamnya tergelincir dari landasan pacu dan jatuh saat mencoba lepas landas dari bandara yang melayani ibu kota Nepal, pada hari Rabu (24/7).

“Pilot berhasil selamat dan dibawa ke Rumah Sakit Kathmandu Medical College untuk perawatan,” kata seorang dokter di rumah sakit yang tidak berwenang berbicara kepada media, dikutip The Associated Press, Rabu (24/7).

Dokter mengatakan, pilot tersebut mengalami cedera pada mata, namun tidak membahayakan.

Pesawat Saurya Airlines sedang menuju dari Kathmandu ke kota resor Pokhara.

Tidak jelas bagaimana pesawat itu bisa tergelincir.

Gambar-gambar media lokal menunjukkan asap mengepul dan puing-puing pesawat berserakan di selokan. Kebakaran telah berhasil dikendalikan.

Bandara Internasional Tribhuvan, bandara utama di Nepal untuk penerbangan internasional dan domestik, telah ditutup saat kru darurat bekerja.

Saat ini sedang musim hujan di Kathmandu, namun tidak turun hujan saat kecelakaan terjadi. Jarak pandang rendah di seluruh ibu kota.

Saurya Airlines mengoperasikan Bombardier CRJ 200 pada rute domestik.

Pada tahun 2019, sebuah pesawat Bangladesh jatuh di bandara Tribhuvan, menewaskan 51 orang sementara 20 orang di dalamnya selamat.

Investigasi mengonfirmasi bahwa pesawat tidak sejajar dengan landasan pacu dan pilotnya mengalami disorientasi serta mencoba mendarat karena kecewa ketika pesawatnya jatuh.

Pada tahun 2015, sebuah pesawat Turkish Airlines yang mendarat di tengah kabut tebal tergelincir dari landasan pacu yang licin di bandara. Pesawat itu membawa 238 orang namun tidak ada korban luka serius.

27