Home Milenial Peringati Hardiknas, Mendikbud: Terima Kasih kepada Pegawai dan Pendidik

Peringati Hardiknas, Mendikbud: Terima Kasih kepada Pegawai dan Pendidik

Jakarta, Gatra.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di kantornya, Jakarta, Kamis (2/5). Dalam acara yang berkonsep upacara tersebut, Mendikbud Muhadjir Effendy mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran staff Kemdikbud atas kinerja dan pelayanan yang diberikan.

“Dari beberapa survei, pelayanan kami [Kemdikbud] dinilai semakin baik. Ini tak lepas dari peran para pegawai dan pendidik di dunia pendidikan yang kinerjanya mencapai hasil yang memuaskan,” ujar Mendikbud dalam pidato sambutannya saat upacara.

Dalam pidato ia juga menyebutkan perlunya kerja yang lebih keras lagi untuk mendukung pendidikan dan budaya di Indonesia. Terlebih, di pemerintahan ke depan, fokusnya adalah pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Kemdikbud, lanjut dia, telah memberi banyak perhatian terhadap SDM di Tanah Air. Hal itu terlihat dari program-program Kemdikbud yang telah memberi perhatian khusus untuk pendidikan di wilayah terluar, terdepan, dan tertinggal.

“Bahkan, kami memberi perhatian khusus pada pendidikan anak-anak Indonesia yang berada di luar batas negara,” tuturnya.

Ia pun berpesan agar daerah mengambil peran yang lebih aktif dalam memanfaatkan dana APBN baik melalui Dana Alokasi Umum (DAU) maupun Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan memperhatikan kualitas pemanfaatan untuk program-program prioritas.

Sebagai informasi, selain upacara, acara peringatan Hardiknas ini juga diisi berbagai kegiatan, di antaranya Penyematan Tanda Kehormatan Satyalencana Karya Satya, Pesta Kuliner Nusantara, Pameran Pendidikan. “Ki Hajar Dewantara dan Pijar Pendidikan”, dan Pameran Foto Pendidikan di setiap Gedung Kemendikbud Pusat.

1191