Home Teknologi Lapisan Es ini Sanggup Menenggelamkan Mars Sedalam 1,5 Meter

Lapisan Es ini Sanggup Menenggelamkan Mars Sedalam 1,5 Meter

Jakarta, Gatra.com -- Para ilmuwan telah menemukan salah satu ‘waduk air’ terbesar di Mars, dalam bentuk lapisan es yang terkubur lebih dari satu kilometer di bawah permukaan. Sebuah temuan yang dapat mengungkapkan apakah Planet Merah itu layak huni di masa lalu. Demikian Indiatoday.in, 24 Mei 2019.

Tim dari University of Texas di Austin dan University of Arizona Amerika memperkirakan bahwa jika meleleh, deposit es besar yang ditemukan di wilayah ini akan menenggelamkan planet ini sedalam 1,5 meter air.

Para peneliti membuat penemuan dengan menggunakan pengukuran yang dikumpulkan oleh Shallow Radar (SHARAD) dari Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) NASA. SHARAD memancarkan gelombang radar yang dapat menembus hingga satu setengah mil di bawah permukaan Mars.

Temuan yang diterbitkan dalam jurnal Geophysical Research Letters itu penting karena lapisan es adalah catatan iklim masa lalu di Mars. Dengan cara yang sama seperti lingkaran tahun di kayu pohon yang merupakan catatan iklim masa lalu di Bumi.

Mempelajari geometri dan komposisi lapisan-lapisan ini dapat memberi tahu para ilmuwan apakah kondisi iklim sebelumnya menguntungkan bagi kehidupan, kata para peneliti. Tim menemukan lapisan pasir dan es yang mencapai 90 persen air di beberapa tempat.

"Kami tidak berharap menemukan es air sebanyak ini di sini. Kemungkinan itu membuatnya menjadi reservoir air terbesar ketiga di Mars setelah es di kutub," kata Stefano Nerozzi, asisten peneliti di University of Texas.

Menurut para peneliti, lapisan terbentuk ketika es menumpuk di kutub selama zaman es di Mars. Setiap kali planet itu menghangat, sisa dari lapisan es tertutup pasir, yang melindungi es dari radiasi matahari dan mencegahnya menghilang ke atmosfer.

Sampai sekarang, para ilmuwan berpikir bahwa lapisan es kuno hilang. Penelitian menunjukkan bahwa pada kenyataannya, sisa-sisa lapisan es yang signifikan telah bertahan di bawah permukaan planet, terperangkap dalam lapisan pita es dan pasir saling bergantian, seperti lapisan pada kue.

Studi ini memberikan wawasan baru dan penting tentang pertukaran es air antara kutub dan pertengahan garis lintang, di mana kelompok penelitiannya sebelumnya mengkonfirmasi keberadaan gletser yang tersebar luas, juga menggunakan instrumen SHARAD.

"Anehnya, total volume air yang terkunci di endapan kutub yang terkubur ini kira-kira sama dengan semua es air yang diketahui ada di gletser dan lapisan es yang terkubur pada garis lintang yang lebih rendah di Mars, dan mereka kira-kira berumur yang sama," kata Jack. Holt, seorang profesor di Laboratorium Lunar & Planetary University of Arizona.

Nerozzi mengatakan bahwa mempelajari catatan glasiasi kutub masa lalu ini dapat membantu menentukan apakah Mars pernah dihuni. "Memahami berapa banyak air yang tersedia secara global versus apa yang terperangkap di kutub adalah penting jika Anda akan memiliki air cair di Mars," kata Nerozzi.

"Anda dapat memiliki semua kondisi yang tepat untuk kehidupan, tetapi jika sebagian besar air dikurung di kutub, maka menjadi sulit untuk memiliki jumlah air cair yang cukup di dekat khatulistiwa," katanya.

1396