Home Ekonomi Musim Lebaran, Penjualan Perhiasan Naik Tiga Kali Lipat

Musim Lebaran, Penjualan Perhiasan Naik Tiga Kali Lipat

Jakarta, Gatra.com – Pada lebaran tahun ini, PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA) mampu menjual perhiasan tiga kali lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

“Lebaran is always the best season. Penjualan kita meningkat tiga kali lipat dari biasanya,” kata Direktur Utama HRTA, Sandra Sunanto, saat ditemui di Hotel Millenium, Jakarta, Selasa (11/6).

Peningkatan penjualan itu, Sandra mengungkapkan, memang biasa terjadi menjelang lebaran. Karena kebanyakan masyarakat sudah memiliki tradisi membeli perhiasan, agar nantinya dapat dipamerkan saat lebaran.

Meski begitu, dua minggu setelah lebaran, biasanya masyarakat memiliki kecenderungan untuk menjual kembali perhiasan itu. “Enggak tahu kenapa ya, kalau setelah lebaran, dua mingguanlah, banyak yang jual kembali perhiasannya. Ya, kita tetap untung saja,” ungkap Sandra.

Selain karena kebiasaan masyarakat membeli emas sebelum lebaran, peningkatan itu juga disebabkan oleh produk-produk baru yang dikeluarkan HRTA, saat lebaran hampir menjelang.

Ada satu momen lagi yang berpengaruh pada penjualan perhiasan, yaitu saat Idul Adha. Kenaikan penjualan itu tidak hanya dialami oleh HRTA saja, namun oleh hampir seluruh ritel perhiasan di seluruh Indonesia.

“Nah, enggak tau tuh. Tapi selalu meningkatnya di saat lebaran dan Idul Adha. Makanya, hampir semua ritel perhiasan selalu menantikan dua momen itu,” ujar dia.

 

521