Home Gaya Hidup Puluhan Mahasiswa Unissula Semarang Ikuti Pelatihan Jurnalistik Gatra

Puluhan Mahasiswa Unissula Semarang Ikuti Pelatihan Jurnalistik Gatra

Semarang, Gatra.com - Puluhan mahasiwa Universitas Islam Sultan Agung (Unissula)  Semarang mengikuti pelatihan jurnalistik yang  diselenggarakan Gatra Media Group, Kamis (20/6).

Mereka berasal dari berbagai fakultas, antara lain Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi (FBIK), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Agama Islam (FAI), Fakultas Teknik Industri (FTI), dan Fakultas Hukum.

Kegiatan yang berlangsung di aula Gedung Kuliah Bersama (GKB) lantai I Unissula tersebut dibuka Wakil Rektor Bidang I Unissula Semarang, H. Bedjo Santoso MT, PhD.

Pelatihan jurnalistik  itu merupakan tindak lanjut dari nota kesepemahaman (memorandum of understanding/MoU) kerja sama  Gatra  Media Group dan beberapa perguruan tinggi di Semarang, termasuk Unissula, yang  diteken  pada 30 April 2019 lalu. 

Selain paparan tentang 5 unit bisnis Gatra Media Group (Gatra.com, Gatra Magazine, Gatra Review, Gatra Pedia, dan Gatra TV), para mahasiswa mendapatkan materi dasar jurnalistik sebagai bekal awal penulisan berita di Gatra.com. 

Materi itu  adalah kode etik jurnalistik (Gatra), teknik reportase dan wawancara,  serta teknik penulisan straight news, yang disampaikan Kepala Biro Gatra Jateng, Syamsul Hidayat. Selanjutnya tentang teknik foto dan video disampaikan wartawan Gatra, Budi Arista,  serta pengenalan aplikasi dan sistem login serta input berita Gatra disampaikan Jalu Satrio Wibowo dari Solusi System Nusantara (SSN). 

Bedjo Santoso mengatakan, pelatihan jurnalistik bermanfaat bagi para mahasiswa untuk mendapatkan tambahan ilmu menulis, terutama menulis berita. “Jadi wisudawan Unissula nantinya tidak  sekadar mendapatkan ijazah sarjana, tapi juga bekal soft skill jurnalistik,” katanya.

Lebih lanjut, Bedjo mengharapkan, pelatihan jurnalistik dengan Gatra Media Group ke depan akan diselenggarakan lagi karena mengingat Unissula memiliki Program Studi Komunikasi. “Kami harapkan nantinya ada mahasiswa Unissula yang menjadi jurnalis di Gatra,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Syamsul mengatakan, melalui kerja sama yang terjalin, Gatra Media Group memberi kesempatan kepada para mahasiswa untuk menjadi  bagian dari Mitra Berita Gatra  sebagai citizen journalist, terutama di Gatra.com

Untuk materi berita yang ditulis para mahasiswa yang menjadi Mitra Berita Gatra, ia menyarankan hal-hal yang terjadi di seputar lingkungan masing-masing,  Contohnya berita-berita seputar kegiatan kampus, pencapaian prestasi mahasiswa, hasil-hasil penelitian mahasiswa ataupun dosen. Bisa juga tentang objek wisata. "Bila berita itu dimuat, nantinya akan mendapat insentif,” ujar dia.

Pelatihan jurnalistik Mitra Berita Gatra  serupa, sebelumnya  diselenggarakan di Universitas PGRI (UPGRIS) Semarang, Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, dan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.

 

910