Home Ekonomi Mendes Eko Akui Kemiskinan di Desa Masih Jadi PR

Mendes Eko Akui Kemiskinan di Desa Masih Jadi PR

Jakarta, Gatra.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo mengatakan, Indonesia sudah menjadi negara dengan kekuatan ekonomi nomor 15 di dunia.

Dengan pengelolaan yang profesional, baik dalam sumber daya alam (SDA) dan manusia (SDA), bukan tidak mungkin 100 tahun usia kemerdekaan, Indonesia akan menjadi negara dengan kekuatan ekonomi ke empat di dunia. 

"Namun, kalau kita tidak bisa mengurangi kesenjangan dan kemiskinan, pertumbuhan ekonomi yang baik itu justru akan menjadi ingredient untuk timbulnya keretakan sosial di bangsa ini," jelas Eko di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (4/7).

Eko mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo agar pertumbuhan ekonomi dapat berkelanjutan maka kesenjangan dan kemiskinan harus ditekan. Upaya itu ditempuh dengan memperbesar alokasi dana untuk desa yang paling tinggi tingkat kesenjangan.

Angkanya pun naik drastis. Rencannya, lanjut Eko, dana desa akan ditambah dari Rp257 triliun menjadi Rp400 triliun di tahun berikutnya. Diharapkan dengan alokasi dana ini angka kemiskinan di desa yang menyentuh 9,66% dapat ditekan. 

"Ini yang menjadi pekerjaan rumah (PR) kita bersama kalau kita ingin melihat negara kita benar-benar bisa menjadi seperti apa yang diprediksi kita menjadi negara besar dan maju," tegas Eko. 

135