Home Kesehatan JCH Pacitan Dapat Perhatian Khusus Embarkasi Surabaya

JCH Pacitan Dapat Perhatian Khusus Embarkasi Surabaya

Surabaya, Gatra.com - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya melakukan pemeriksaan klinis terhadap 197 jemaah calon haji (JCH) asal Pacitan, di Hall Zaitun, Asrama Haji Surabaya, Sabtu (6/7).

“JCH Pacitan kita lakukan screening di laboratorium, dilanjutkan pemeriksaan kesehatan klinis,” kata Kepala Bidang Kesehatan PPIH Embarkasi Surabaya Muhammad Budi Hidayat.

Pemeriksaan ini dilakukan mencegah resiko penularan penyakit hepatitis A menggunakan RDT (Rapid Diagnostic Test). Hasilnya akan diketahui setengah jam kemudian.

JCH Pacitan mendapatkan perhatian khusus PPIH Embarkasi Surabaya setelah penetapan status kejadian luar biasa (KLB) Hepatitis A menyerang wilayah ini.

Apabila positif mengidap Hepatitis A, sambung Budi, JCH akan langsung dirujuk ke rumah sakit untuk dirawat hingga sehat dan siap diberangkatkan ke tanah suci.

“Sementara belum ada. Secara umum (mereka) dalam kondisi sehat,” ujarnya.

Sebanyak 197 JCH asal Pacitan itu tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 4 bersama jemaah asal Madiun dan Surabaya. Sesuai jadwal, mereka akan terbang ke Tanah Suci pada Minggu (7/7) pada pukul 12.00 WIB.

 

Reporter: Abdul Hady JM

Editor: Abdul Rozak