Home Ekonomi Pameran dan Kontes Ikan Hias DKI Bangun Usaha Kecil

Pameran dan Kontes Ikan Hias DKI Bangun Usaha Kecil

 

Jakarta, Gatra.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menutup pameran dan Kontes Ikan Hias 2019 dengan sukses. Menurut pantauan Gatra.com, pengunjung dan penggemar ikan hias memadati acara.

Pembudidaya ikan skala kecil, komunitas pecinta ikan hias, pedagang ikan hias, serta pengusaha dan lembaga memeriahkan pameran tersebut.

Kepala Bidang Perikanan, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta, Eny Suparyani berujar,  jumlah pengunjung pameran mulai pembukaan tanggal 31 Juli hingga 3 Agustus sudah mencapai lebih dari 4.300 orang.

"Omzet yang dilaporkan dari 20 stand hingga kemarin (3/8) sebesar Rp 60 juta," ungkapnya di Halaman Parkir Plaza Kalibata, Jakarta, Minggu (4/8).

Kepala Dinas KPKP, Darjamuni menuturkan, ajang ini merupakan yang pertama diadakan semenjak vakum sejak 2006 silam. Menurutnya,  ini merupakan momentum kebangkitan usaha ikan hias di DKI Jakarta.

"Kami hanya mengundang [pelaku usaha] skala kecil dengan catatan, dari yang kecil-kecil inilah bisa kita tumbuhkan menjadi lebih besar. Karena saya yakin kalau hanya pengusaha eksportir yang dilibatkan tanpa didukung teman-teman disini juga tidak lancar," ungkapnya.

Ia berujar, terjadi kerja sama saling menguntungkan antara Pemprov dan Plaza Kalibata selaku tempat penyelenggara. Pengunjung mal dapat mengunjungi pameran. Sebaliknya, para pelaku usaha serta penggemar ikan hias akan mengunjungi mal.

Melalui ajang ini, Darjamuni berharap, tumbuhnya inovasi dan kreativitas dari para pembudidaya ikan hias yang telah mengawinkan berbagai jenis ikan.

"Kami ingin kerjasama antara yg besar atau eksportir dengan para binaan kelas bawah. Saya ingin bargaining position antara yg memproduksi [pengusaha besar] dan ini [pelaku usaha kecil] seimbang," ujarnya.

Namun, Ia mengakui hal tersebut tidaklah mudah. Mengingat para pembudidaya skala kecil banyak yang belum memiliki persyaratan layaknya pengusaha besar.

Darjamuni mengungkapkan pihaknya berusaha mengadakan ajang tersebut kembali pada tahun depan dengan skala lebih besar. "Insya Allah. Sedang kami usukkan. Mudah-mudahan kalau diketok oke," bebernya.

Kemudian, Darjamuni secara resmi menutup pameran dan kontes ikan hias.

 

578