Home Regional Terlengkap di Jatim, Surabaya Printing Expo Bakal Hadirkan Mesin Terkini di Industri Percetakan

Terlengkap di Jatim, Surabaya Printing Expo Bakal Hadirkan Mesin Terkini di Industri Percetakan

Surabaya, Gatra.com -- Perkembangan pesat industri percetakan dan grafika Indonesia terus mendorong Krista Exhibitions sebagai penyelenggara Pameran bertaraf International, menggelar pameran Surabaya Printing Expo (SPE) 2024 di Grand City Convex Hall Surabaya.

Pameran terbesar di Jatim dalam bidang mesin-mesin percetakan seperti mesin cetak/offset, cetak digital, cetak tekstil, sablon, jasa cetak, alat-alat cetak terkini dan penyediaannya, serta teknologi percetakan yang mutakhir dan terbesar itu akan berlangsung pada tanggal 11 – 14 Juli 2024.

Faktanya, pada momentum Pemilihan Umum (Pemilu) awal 2024 ini, para pelaku usaha percetakan mengalami peningkatan pesanan yang luar biasa dan kebutuhan akan produk cetakan, terutama spanduk dan brosur. Imbasnya hal tersebut idak hanya menciptakan gelombang pekerjaan baru tetapi juga mendongkrak omset perusahaan percetakan di seluruh negeri, sehingga merupakan potensi yang besar bagi industri percetakan Indonesia.

Chief Executive Officer (CEO) Krista Exhibitions Daud D. Salim menyatakan, pameran Surabaya Printing Expo tahun ini meningkat 20% dari gelaran sebelumnya sebelumnya, baik dari segi jumlah maupun teknologi printing yang dihadirkan.

"Untuk ke-17 kalinya pameran Surabaya Printing Expo ini digelar berkolaborasi dengan berbagai organisasi dan asosiasi, para pakar serta pengusaha di bidang percetakan bertaraf nasional maupun internasional. Tahun ini SPE melibatkan 230 perusahaan peserta diantaranya 10 perusahaan yang merupakan UMKM," terang Daud D. Salim dalam sambutannya saat konferensi pers pada Senin (8/7/2024).

Pihaknya optimis dapat mendatangkan 15.000 pengunjung selama 4 hari pameran dari para pelaku bisnis di industri percetakan. Pameran tersebut menurut Daud merupakan peluang yang baik bagi para pengusaha grafika agar lebih termotivasi untuk terus berinovasi dan menghasilkan produk-produk unggulan dengan mesin berteknologi canggih serta berdaya saing tinggi dengan produk-produk luar negeri.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Umum Persatuan Perusahaan Grafika Indonesia (PPGI) Ahmad Mughira Nurhani mengatakan bahwa kebutuhan akan produk percetakan secara digital akan terus berkembang di segala bidang. Menurutnya kondisi perekonomian dewasa ini telah banyak mengalami pergeseran yang menjadi tantangan bagi produk-produk bisnis konvensional.

"Namun kondisi itu akan menjadi peluang bagi yang dapat menangkap dan memanfaatkannya perkembangan teknologi terkini secara kreatif. Demikian pula perkembangan dunia grafika semakin bertambah maju dan dinamis. Mesin-mesin cetak pun telah mengikuti trend digitalisasi dalam pengoperasionalannya," terang Mughira.

Ia menambahkan bahwa di era digital saat ini kebutuhan akan barang cetakan yang berkualitas tinggi dengan proses pekerjaan yang makin mudah dan cepat serta akurat, merupakan pilihan yang harus diambil pelaku bisnis percetakan.

"Harapan kami, dengan adanya Pameran Surabaya Printing Expo (SPE) 2024 ini, para pengusaha grafika nasional dapat selalu mengupdate diri dan fasilitas peralatan mesin-mesin grafikanya serta mengambil manfaatnya untuk dapat bertambah maju dan bersaing secara sehat ditengah-tengah perkembangan ekonomi di Indonesia yang diharapkan akan terus membaik,” kata Ahmad Mughira Nurhani.

Pameran Surabaya Printing Expo (SPE) 2024 akan menyuguhkan segala jenis teknologi cetak mencetak terkini mulai dari skala kecil, menengah, dan besar dengan berbagai teknologi percetakan, seperti cetak digital, cetak sablon, cetak offset, cetak garment, cetak tekstil, mesin cutting, mesin finishing, cetak 3D, label, dan tinta.

Bukan itu saja. berbagai acara dan seminar menarik pun akan meramaikan 4 hari pameran ini seperti Workshop dan Seminar menarik dari Asosiasi PPGI dengan tema "Workshop Packaging & Branding UMKM" dan " Tend Inovasi dan Bisnis Desain dalam Industri Cetak", Seminar dari Media Print Pack Magazine dengan tema "AI & Bisnis Percetakan di Indonesia: Tren dan Solusinya".

Pameran ini terbuka oleh pelaku bisnis dan masyarakat mulai pukul 10.00 hingga sampai pukul 19.00. Para pengunjung dapat melakukan registrasi online di link https://register.kristaonline.com/visitor/surabayaprintingexpo atau registrasi langsung di lokasi pameran dan Temukan kebutuhan printing untuk usaha kalian di pameran Printing terbesar dan terlengkap di Surabaya.

23